BMKG Prakirakan DI Yogyakarta Diguyur Hujan saat Momen Natal

Yang ibadah jangan lupa siapkan payung, ya!

Sleman, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa hari ke depan hujan ringan hingga lebat masih terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Warjono, Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta mengungkapkan, potensi hujan ini juga akan terjadi di momen Natal, khususnya di malam hari.

Baca Juga: Pemkab Sleman Siapkan 2 Selter Isolasi saat Momen Nataru

1. Potensi hujan mayoritas terjadi di siang hingga malam hari

BMKG Prakirakan DI Yogyakarta Diguyur Hujan saat Momen NatalIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Warjono menjelaskan, saat ini wilayah DIY berada di musim penghujan. Di mana untuk potensi curah hujan beberapa hari ke depan diprakirakan terjadi pada siang hingga malam hari. Kondisi ini hampir merata terjadi di wilayah DIY.

"Potensi hujan siang menjelang sore. Hampir rata-rata di malam hari juga ada potensi hujan. Kemudian di dini hari, pagi hari cenderung berawan, dan potensi hujan ringan," ungkapnya pada Kamis (23/12/2021).

2. Momen Natal, diprakirakan malam hari akan terjadi hujan

BMKG Prakirakan DI Yogyakarta Diguyur Hujan saat Momen NatalIlustrasi Natal. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Seperti halnya Kamis (23/12/2021), di mana ada potensi hujan sedang hingga besar di DIY pada siang hingga malam hari. Pada tanggal 24 dan 25 Desember 2021, potensi hujan masih tetap ada. Di tanggal 25 Desember sendiri hujan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah di DIY.

"Potensi hujan ada, ada ringan hingga sedang di tanggal 25 Desember 2021 di sebagian wilayah. Kemudian tanggal 26 Desember juga masih ada. Begitu pula tanggal 26-28 Desember 2021. Memang bulan Desember-Januari hampir ada hujan," terangnya.

3. Di Bandara, hujan diprakirakan terjadi pada malam hari

BMKG Prakirakan DI Yogyakarta Diguyur Hujan saat Momen NatalPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sementara itu, menurut Warjono untuk prakiraan cuaca di Bandara YIA, pada tanggal 25 Desember curah hujan memang sedikit berkurang pada pagi hingga siang hari. Namun, pada malam hari hujan diprakirakan terjadi.

"Tanggal 25 Desember saya kira sedikit kurang curah hujannya tapi di malam hari akan ada hujan di YIA. Mudah-mudahan di tanggal 25 Desember cukup kondusif untuk melakukan kegiatan. Untuk tanggal 26 Desember masih ada potensi hujan dan di tanggal 27-28 Desember semuanya masih ada potensi hujan," katanya.

4. Ada indikasi La Nina sedang di Bulan Desember

BMKG Prakirakan DI Yogyakarta Diguyur Hujan saat Momen NatalPrakiraan dari BMKG. Dok: istimewa

Sementara itu, Reni Kraningtyas Kepala Stasiun Klimatologi Sleman menjelaskan pada Bulan Desember 2021 ini ada indikasi terjadi La Nina sedang di wilayah DIY. Adapun untuk potensi bencana yang perlu diwaspadai antara lain banjir, banjir bandang, banjir lahar dingin, longsor dan angin kencang.

Untuk itu, pihaknya merekomendasikan agar ada upaya mitigasi untuk menghadapi cuaca ekstrem yang berdampak pada terjadinya bencana Hidrometeorologi di Wilayah DIY. Kemudian, para pemangku kepentingan diharapkan dapat sedini mungkin mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi di wilayah DIY.

"Agar lebih optimal melakukan pengelolaan tata air terintegrasi dari hulu hingga hilir, dengan penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air yang berlebih," paparnya.

Baca Juga: Belasan Pohon Tumbang di Sleman, Timpa Sejumlah Rumah Warga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya