Asyik! Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mendapat Paket Sembako

Banyak mahasiswa yang tidak mudik dan bertahan di kos

Sleman, IDN Times - Untuk membantu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA) dari luar daerah yang masih tinggal di Yogyakarta selama pandemi COVID-19, Komunitas Kartini UIN SUKA memberikan bantuan  berupa sembako. Setidaknya ada 800 paket sembako yang dibagikan selama kurun waktu 10 hari ini.

Koordinator Komunitas Kartini UIN Suka, Labibah Zain, menjelaskan pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan respons cepat dari Komunitas Kartini kepada pada mahasiswa.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah, 3 Orang Sembuh

1. Gerakan spontan

Asyik! Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mendapat Paket Sembakouin-suka.ac.id

Labibah menjelaskan, pemberian bantuan ini merupakan gerakan spontan yang bermula dari iuran komunitas yang ada di Kartini. Gerakan ini kemudian mendapat dukungan yang cukup masif dari berbagai pihak, mulai dari Pimpinan Universitas dan Fakultas, dosen, tendik, hingga alumni.

“Isinya beras, telur, mie, kecap, sabun, masker, dan minyak goreng. Jadi itu yang ada. Ya tidak seberapa sih, tetapi itu bentuk kepedulian kami dari Kartini yang didukung oleh keluarga besar UIN Sunan Kalijaga,” terangnya pada Jumat (10/4).

2. Pengambilan paket gunakan sistem drive-thru

Asyik! Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mendapat Paket SembakoDok: istimewa

Labibah menjelaskan, dalam melakukan pendataan, pihaknya bekerja sama dengan Wakil Rektor Bidang 3 di masing-masing fakultas. Kemudian, dari data yang ada, pihaknya melakukan pemetaan.

Untuk menghindari kerumunan, dalam pengambilan paket pihaknya menggunakan sistem drive-thru.

"Pada tahap pendistribusian, panitia yang bekerja sama dengan KPN UIN Sunan Kalijaga, juga mempertimbangkan aturan penanganan COVID-19. Selain menjaga kebersihan dan menyediakan hand sanitizer, pengambilan paket juga menggunakan sistem drive-thru untuk menghindari kerumunan," ungkapnya.

3. Diharapkan bisa inspirasi banyak orang

Asyik! Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mendapat Paket Sembakouin-suka.ac.id

Labibah berharap, kegiatan kepedulian semacam ini bisa menginspirasi orang lain maupun komunitas lain. Dirinya juga berpesan kepada mahasiswa yang sedang belajar dari kos dan dari rumah untuk selalu tenang menghadapi persoalan ini tetapi, tetap harus waspada.

"Apa saja yang dianjurkan teman-teman dari bidang kesehatan seperti harus selalu cuci tangan, kemudian tidak boleh menyentuh wajah, pokoknya kita harus tetap waspada dan ikuti petunjuk dinas kesehatan dan yang berwenang," paparnya.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Berusia 7 Tahun di Bantul Sembuh

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya