Pasien Positif COVID-19 Berusia 7 Tahun di Bantul Sembuh

RSUD Bantul masih merawat 17 PDP, 2 ODP dan 2 OTG

Bantul, IDN Times - ‎Seorang anak laki-laki 7 tahun yang berstatus positif COVID-19 di Bantul akhirnya dinyatakan sembuh.

Pasien bernama E  yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Panembahan Senopati Bantul ini memperoleh 2 kali hasil negatif COVID-19 dalam swab test.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah, 3 Orang Sembuh

1. Hasil tes swab ke-3 dan ke-4 dinyatakan negatif

Pasien Positif COVID-19 Berusia 7 Tahun di Bantul SembuhJuru bica Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa. IDN Times/Daruwaskita

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, dr Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan hasil swab ke-4 milik E yang dikirim ke BBLTKPP telah keluar pada Jumat (10/4). E pun dinyatakan negatif COVID-19.

Kabar baik ini diumumkan pada hari Sabtu (11/4). Sebelumya pada hasil swab ke-3, E juga dinyatakan negatif.‎

"Pasien sudah diperbolehkan pulang saat ini," katanya, Sabtu (11/4).

2. Jumlah pasien positif COVID-19 warga Bantul kini hanya 4 orang‎

Pasien Positif COVID-19 Berusia 7 Tahun di Bantul SembuhSimulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurutnya dengan sembuhnya pasien anak 7 tahun asal Kecamatan Bambanglipuro ini maka jumlah pasien positif COVID-19 asal Bantul tinggal 4 orang. Masing-masing dirawat di RSPAU Hardjolukito 1 orang, RSUD Sleman 1 orang, RSUD Kota Jogja 1 orang, dan RSUP Dr Sardjito 1 pasien.

"Sementara untuk PDP (pasien dalam pengawasan) yang masih menjalani perawatan sebanyak 43 orang dan ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 5 orang juga menjalani perawatan," tuturnya.

3. RSUD Bantul masih merawat 17 PDP, 2 ODP dan 2 OTG‎

Pasien Positif COVID-19 Berusia 7 Tahun di Bantul SembuhData COVID-19 di Kabupaten Bantul, 11 April 2020. Twitter.com/pemkabbantul

Kepala Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayu Ningsih mengatakan dengan sembuhnya seorang pasien COVID-19 maka tidak ada lagi pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUD Bantul.

"Sudah tidak ada lagi pasien positif COVID-19 yang kita rawat. Total pasien COVID-19 di Bantul yang sembuh menjadi 3 orang," katanya.

RSUD Bantul, kata Siti, masih merawat 17 PDP, 2 ODP dan 2 OTG (orang tanpa gejala) dan masih menunggu sejumlah hasil swab dari PDP yang telah dikirim ke BBTKLPP.

"Ya kita berharap tidak ada lagi PDP yang kemudian dinyatakan hasil laboratoriumnya positif COVID-19," tuturnya.

Baca Juga: Selesai Jalani Karantina, Satu Keluarga di Bantul Dipulangkan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya