8 Mei, Terjadi Sekali Awan Panas dan 9 Guguran Lava di Merapi

Guguran lava meluncur sejauh 1.800 meter

Sleman, IDN Times - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas serta guguran lava pijar pada Sabtu (8/5/2021). Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menyampaikan, dari pengamatan yang dilakukan pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, teramati ada sebanyak dua kali kejadian awan panas guguran serta 9 kali kejadian lava pijar.

Baca Juga: Merapi Luncurkan Lava Pijar dan Awan Panas Sejauh 1,5 Km

1. Awan panas meluncur sejauh 1.500 meter

8 Mei, Terjadi Sekali Awan Panas dan 9 Guguran Lava di MerapiANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Hanik menjelaskan, dari dua kali kejadian awan panas, jarak luncur maksimum sejauh 1.500 m. Untuk arah luncuran, ke arah Barat Daya.

"Teramati 2 kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimal 1.500 m ke arah Barat Daya," ungkapnya pada Minggu (9/5/2021).

2. Lava pijar meluncur sejauh 1.800 meter

8 Mei, Terjadi Sekali Awan Panas dan 9 Guguran Lava di MerapiDok. BPPTKG

Menurut Hanik, dari 9 kali kejadian guguran lava pijar, jarak luncur maksimum sejauh 1.800 m. Untuk arah guguran, masih ke arah Barat Daya.

"Teramati 9 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.800 m ke arah Barat Daya," katanya.

3. Status Merapi masih Siaga

8 Mei, Terjadi Sekali Awan Panas dan 9 Guguran Lava di MerapiIlustrasi Merapi. IDN Times/Arief Rahmat

Hanik menyampaikan, hingga saat ini status Gunung Merapi masih berada di tingkat Siaga. Untuk potensi bahaya erupsi Gunung Merapi, berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Sedangkan pada sektor Tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km potensi bahaya serupa juga perlu diwaspadai.

"Erupsi eksplosif juga masih berpeluang terjadi dengan potensi bahaya berupa lontaran material vulkanik dalam radius 3 km dari puncak," paparnya.

Baca Juga: Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas, Jarak Luncur 1,4 Km

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya