Tim Garuda EV-22 UNY Jadi Juara Umum di FESC IIMS 2022

Mobil listrik rancangan mereka menyabet tiga gelar juara

Yogyakarta, IDN Times - Tim mobil listrik Garuda EV-22 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih tiga gelar juara dalam Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung di Jakarta pada 30 Maret--10 April 2022.

Dalam ajang yang diikuti 11 perguruan tinggi ini, tim Garuda EV-22 menyabet gelar Juara Umum, Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Bikin Pupuk Organik dari Limbah Budidaya Lele

1. Pertama kalinya mengikuti kompetisi on-track

Tim Garuda EV-22 UNY Jadi Juara Umum di FESC IIMS 2022Mobil listrik besutan tim Garuda EV-22 UNY di FESC IIMS 2022. (Dok. UNY)

Tim Garuda EV-22 UNY yang terjun dalam kompetisi di IIMS terdiri dari Kesit Bayu Purnomo, Sultantyo Djatinegoro, Achmad Irfak Ghoniya, Syahdani Arnoyoga dan Muhammad Faqih Widem. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Teknik di bawah bimbingan Dosen Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY, I Wayan Adiyasa.

Tim UNY sendiri baru pertama kali mengikuti kompetisi on-track pada FESC IIMS 2022. Menurut Manajer Tim, Kesit Bayu Purnomo, timnya harus menyusun strategi yang tepat untuk meraih target juara umum.

“Proses yang dilakukan tim meliputi persiapan, riset, manufaktur dan latihan driver yang dilakukan selama tiga bulan,” katanya, Minggu (10/4/2022) dilansir laman resmi UNY.

Gelar Best Endurance diraih berkat penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah yang mampu menempuh jarak 50 km dengan kecepatan maksimal 80 km per jam. Casing battery pack dirancang agar baterai memiliki jarak satu sama lain sehingga tidak overheat. Selain itu, sel baterai juga dilapisi pelat aluminium untuk mempercepat perpindahan panas.

2. Memiliki drivability yang prima

Tim Garuda EV-22 UNY Jadi Juara Umum di FESC IIMS 2022Mobil listrik besutan tim Garuda EV-22 UNY di FESC IIMS 2022. (Dok. UNY)

Driver tim, Sultantyo Djatinegoro mengatakan kegesitan dan daya tahan tubuh driver diuji karena harus menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi.

“Tracknya berpasir dan basah karena hujan, oleh karena itu kami gunakan ban basah untuk mengurangi oversteer” katanya.

Salah satu keunggulan mobil Garuda UNY ini, kata dia, adalah kemampuan drivability kendaraan yang prima dengan sasis yang sempurna, yang diukur melalui uji handling dan pengereman kendaraan. Terbukti, mobil ini berhasil menyabet kategori skidpad terbaik dalam Student Formula Japan di Jepang beberapa waktu lalu.

3. Ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak

Tim Garuda EV-22 UNY Jadi Juara Umum di FESC IIMS 2022Mobil listrik besutan tim Garuda EV-22 UNY di FESC IIMS 2022. (Dok. UNY)

Sementara, Advisor Tim Garuda EV-22, Dr. Zaenal Arifin, mengaku bangga karena tim UNYsukses meraih target juara umum.

“Harapannya tim harus lebih bersiap diri menghadapi kompetisi yang akan datang yaitu Shell Eco-marathon 2022” kata dia.

Dosen Fakultas Teknik UNY tersebut turut mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan UNY maupun para sponsor sehingga tim Garuda EV-22 berhasil mewujudkan mimpi menjadi juara umum. 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ubah Biji Karet Jadi Bahan Pembuat Tempe 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya