[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap Ambrol

Ada 172 unit bangunan dan fasum yang terdampak

Yogyakarta, IDN Times - Gempa bermagnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Jumat (30/6/2023) malam menimbulkan dampak yang tidak sepele. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY melaporkan  satu orang meninggal, belasan korban luka, dan ratusan unit bangunan mengalami kerusakan di berbagai wilayah di DIY. 

Tercatat ada 172 unit bangunan/fasilitas umum yang terdampak. Ada 137 rumah yang mengalami kerusakan, terdiri dari 133 unit rusak ringan dan 4 unit rusak sedang. Selanjutnya, terdapat 14 fasilitas perkantoran yang rusak, dengan 13 unit rusak ringan dan 1 unit rusak sedang. Terdapat juga 5 fasilitas ibadah yang rusak ringan.

Selain itu, terdapat 2 unit tempat usaha, 3 unit fasilitas pendidikan, dan 1 unit fasilitas kesehatan yang rusak ringan. Ada pula 3 kandang ternak yang terdampak, dengan 1 unit mengalami kerusakan ringan, 1 unit mengalami kerusakan sedang, dan 1 unit mengalami kerusakan berat. Kerusakan ringan juga dialami tiga unit jaringan listrik, 1 unit tiang listrik, dan 3 fasilitas umum lainnya.

Untuk menangani korban terdampak gempa, BPBD DIY mendirikan tenda penyintas, melakukan distribusi logistik permakanan, serta melakukan kaji cepat dampak dan kebutuhan. Berikut ini beberapa foto yang merekam dampak gempa Bantul yang diambil oleh jurnalis ANTARA.

1. Begini penampakan rumah warga yang roboh di Buruhan, Tirtosari, Kretek, Bantul

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolDampak gempa Bantul, Jumat (30/6/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

2. Dampak gempa yang merusak rumah juga dialami hingga Tegal, Jawa Tengah

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolDampak gempa Bantul di Desa Pagedangan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

3. Sejumlah rumah warga di Gunungkidul juga mengalami kerusakan imbas gempa

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolRumah yang hancur dampak gempa Bantul di Pacarejo, Gunungkidul, DIY, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

4. Mulai dari genting melorot, plafon ambrol, hingga dinding roboh

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolDampak gempa Bantul akibatkan rumah roboh di Pacarejo, Gunungkidul, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Baca Juga: Korban Luka Akibat Gempa Jogja Capai Belasan Orang

5. Warga yang rumahnya terdampak terpaksa tidur di halaman

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolWarga tidur di depan rumahnya yang rusak akibat gempa di Pacarejo, Gunungkidul, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

6. Sebagian memilih tidur di tenda darurat karena khawatir terjadi gempa susulan

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolTenda darurat pascagempa magnitudo 6,4 di Pacarejo, Gunungkidul, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

7. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta penanganan gempa dilakukan secara gotong royong

[FOTO] Dampak Gempa Bantul, Dinding Roboh hingga Atap AmbrolWarga memasang seng untuk menutupi dinding yang roboh akibat gempa bumi di Sanden, Bantul, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Baca Juga: Sultan Minta Penanganan Gempa Bumi Utamakan Gotong Royong

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya