English For Holiday UNY Bikin Libur Sekolah Makin Bermanfaat

Ada banyak kegiatan seru, EFH dibuka untuk anak usia 4-18 

Yogyakarta, IDN Times - Bulan Juni, para siswa akan menghadapi liburan sekolah. Terkait hal itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (PBI FBSB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempersiapkan kegiatan mengisi liburan sekolah yang beda dan seru, yaitu program English For Holidays (EFH).

1. Kegiatan tahunan PBI FBSB UNY

English For Holiday UNY Bikin Libur Sekolah Makin BermanfaatAktivitas dalam program English For Holidays (EFH) yang digelar Prodi PBI FBSB UNY. (Dok. UNY)

Dilansir laman resmi UNY, dosen PBI sekaligus Ketua Panitia EFH, Ihtiara Fitrianingsih, mengatakan EFH merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Prodi PBI FBSB UNY. EFH yang digelar tahun 2023 ini mengangkat tema Intercultural Community dengan tujuan untuk menciptakan keselarasan dan kebersamaan antarbudaya dengan slogan ‘One for all, all for one’.

“Program EFH 2023 menawarkan aktivitas dan lingkungan bernuansa Bahasa Inggris yang dipadukan dengan keceriaan dan kebersamaan bagi para peserta” ungkapnya, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja yang punya antusiasme terhadap Bahasa Inggris. Diharapkan aktivitas ini mampu mengasah talenta mereka dalam berbahasa Inggris melalui pengalaman menyenangkan dengan mengintegrasikan lagu, permainan, dan cerita.

Selain itu, peserta dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mencakup 4 keterampilan bahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarbudaya.

2. Dilaksanakan 26 Juni–7 Juli 2023

English For Holiday UNY Bikin Libur Sekolah Makin BermanfaatAktivitas dalam program English For Holidays (EFH) yang digelar Prodi PBI FBSB UNY. (Dok. UNY)

Sekretaris kegiatan, Anis Firdatul Rochma, mengatakan EFH akan dilaksanakan pada Senin hingga Jumat, 26 Juni–7 Juli 2023 pukul 08.00–12.00 WIB di FBSB UNY, Karangmalang, Sleman.

“Kami pilihkan pagi hingga siang hari sehingga peserta merasa seperti aktivitas mereka sehari-hari yaitu sekolah. Perbedaannya, EFH tidak hanya pembelajaran di kelas namun juga ada aktivitas outdoor yang jauh lebih menyenangkan,” kata Anis.

EFH diisi dengan berbagai kegiatan seperti classroom activity, grand campus tour, culinary day serta Fun Games around the World. Pada classroom activity, peserta akan mengikuti pembelajaran di dalam kelas bersama para teachers yang terdiri dari mahasiswa PBI semester akhir yang mengambil konsentrasi English for Children (EFC).

Grand campus tour adalah rangkaian acara di mana peserta akan mengelilingi area UNY sambil belajar Bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran ini mencakup observasi, wawancara, dan permainan di luar ruangan. Pada Culinary Day, peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang mewakili negara-negara berbeda, dan mereka akan membuat makanan khas dari negara yang mereka wakili. Peserta juga dapat mengunjungi kelompok lain untuk mencicipi makanan yang dibuat oleh mereka.

Sementara itu, Fun Games around the World diselenggarakan di lokasi terbuka FBSB UNY dan terdiri dari tiga permainan yang disesuaikan dengan setiap kategori, serta dua permainan yang cocok untuk semua kategori. Durasi kegiatan permainan ini berlangsung selama tiga jam. Peserta akan dikelompokkan agar memudahkan distribusi peralatan dan kondisi permainan. Setiap kelompok akan ditemani oleh seorang pendamping. Kegiatan EFH ini terbuka untuk siswa berusia antara 4 hingga 18 tahun atau jenjang prasekolah hingga SMA/SMK.

Baca Juga: Festival Dalang Cilik, Upaya UNY Memelihara Budaya Adiluhung

3. Peserta antusias

English For Holiday UNY Bikin Libur Sekolah Makin BermanfaatProgram English For Holidays (EFH) yang digelar Prodi PBI FBSB UNY. (Dok. UNY)

Peserta EFH tidak hanya memperoleh materi Bahasa Inggris di dalam kelas, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mempraktikkannya dalam lingkungan UNY melalui acara Grand Campus Tour. Mereka diajak untuk berkeliling UNY dan mengeksplorasi fasilitas-fasilitas yang tersedia, seperti Museum Pendidikan Indonesia, Taman Olahraga Masyarakat, hingga Kembara UNY.

Salah seeorang orangtua peserta EFH 2022, Laily Amin Fajariyah, mengungkapkan kegembiraan anaknya dalam mengikuti EFH karena membangkitkan minat belajar dan rasa ingin tahu dalam Bahasa Inggris. "Anak saya sangat senang karena bertemu banyak teman baru dan acaranya seru," ungkapnya.

Anaknya begitu antusias dengan EFH, bahkan meminta untuk didaftarkan begitu mendengar adanya EFH 2023. Mereka bahkan telah berjanji dengan teman-temannya untuk mendaftar bersama. 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Olah Ubi Ungu Jadi Ice Cream Aman Dikonsumsi Anak

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya