Comscore Tracker

2 Ribu Peserta Ikut Vaksinasi Drive-thru di UGM, Menkes Beri Apresiasi

Program ini menyasar mahasiswa dan keluarga pegawai UGM

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 2 ribu mahasiswa dan keluarga pegawai Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi sasaran program vaksinasi COVID-19 yang digelar secara drive-thru di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada 31 Juli-1 Agustus 2021.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, yang melakukan kunjungan ke lokasi pada Sabtu (31/7/2021). 

“Terima kasih kepada UGM yang telah melaksanakan program vaksinasi dengan ribuan peserta ini sangat membantu ketercapaian cakupan vaksin nasional. Keterlibatan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di Tanah Air,” ucap Menkes Budi lewat keterangan tertulis, Sabtu.

Baca Juga: UGM Fungsikan Rumah Peneliti Wanagama sebagai Selter COVID-19

1. Ada peserta yang naik sepeda atau berjalan kaki

2 Ribu Peserta Ikut Vaksinasi Drive-thru di UGM, Menkes Beri ApresiasiMenkes Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke acara vaksinasi massal digelar secara drive-thru di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada 31 Juli-1 Agustus 2021. (dok. Humas UGM)

Dari pantauan di lapangan, peserta vaksinasi tak hanya datang menggunakan kendaraan bermotor seperti motor dan mobil. Ada pula yang datang ke lokasi menaiki sepeda atau berjalan kaki.

Menkes pun turut mengapresiasi jalannya vaksinasi yang berlangsung tertib tanpa menimbulkan kerumunan yang berarti.

“Vaksinasi drive-thru memang sudah banyak dilakukan. Yang di UGM ini berjalan rapi, tidak banyak kerumunan dan sangat merakyat,” ungkapnya.

2. Komitmen UGM untuk percepatan vaksinasi

2 Ribu Peserta Ikut Vaksinasi Drive-thru di UGM, Menkes Beri ApresiasiVaksinasi massal digelar secara drive-thru di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada 31 Juli-1 Agustus 2021. (dok. Humas UGM)

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto, mengatakan program vaksinasi ini adalah bentuk komitmen UGM dalam mendukung percepatan vaksinasi di Tanah Air demi mencapai herd immunity.

“Dari kerja sama dengan TNI POLRI ini UGM mendapatkan jatah sebanyak 3 ribu dosis vaksin.  Sebanyak 2 ribu dosis pada 31 Juli dan 1 Agustus 2021 dan 1.000 dosis sisanya akan diberikan minggu depan,” terangnya.

3. Vaksinasi dilakukan secara bertahap

2 Ribu Peserta Ikut Vaksinasi Drive-thru di UGM, Menkes Beri ApresiasiVaksinasi tahap I di UGM. (dok. Humas UGM)

UGM sendiri telah menggelar vaksinasi secara bertahap bagi mahasiswa dan keluarga pegawai. Sebelumnya, 500 mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM telah divaksinasi dosis pertama pada 23 Juli 2021. Kemudian, pada 24-25 Juli 2021 juga telah dilaksanakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM di lokasi yang sama.

Bambang menjelaskan, vaksinasi untuk mahasiswa diprioritaskan bagi yang berada di area Yogyakarta dan harus mengikuti kegiatan secara luring di kampus, seperti praktikum di laboratorium,  PPSMB, dan lainnya.

“UGM akan terus mengupayakan vaksin bagi seluruh sivitasnya. Vaksinasi bagi pegawai baik dosen maupun tendik (tenaga pendidik) telah dilaksanakan beberapa bulan lalu. Selanjutnya kita upayakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai secara bertahap hingga semua tervaksin,” pungkasnya.

Baca Juga: Unik, Vaksinasi bagi Mahasiswa UGM Diselenggarakan di Hutan Mini

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya