Polda DIY: Pemilu di Yogyakarta Aman

Ada 6.688 personel berjaga di TPS di Yogyakarta

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di Yogyakarta berjalan dengan aman. Menurut Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, kondisi penyelenggaraan pesta demokrasi hingga siang ini,Rabu (17/4) pagi berlangsung kondusif.

"Hingga saat ini tidak ada peristiwa luar biasa, yang membutuhkan pengamanan dari polisi. Semoga sampai nanti malam, tetap aman."

1. Petugas keamanan sudah siap

Polda DIY: Pemilu di Yogyakarta AmanIDN Times/Nindias Khalika

Ketika ditemui di TPS 15 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Keraton, ia mengatakan bahwa petugas keamanan telah siap mengamankan Pemilu 2019.

"Saya dan Danrem sudah keliling ke Bantul dan Gunung Kidul semua logistik dan petugas sudah mengamankan," katanya.

Terkait gesekan yang terjadi di masyarakat, Dofiri mengaku hal itu hanya terjadi saat kampanye. "Cukuplah waktu kampanye tapi sudah pencoblosan semua konsentrasi ke masyarakat yang menggunakan hak pilih," terangnya.

2. Lakukan pengamanan hingga selesai

Polda DIY: Pemilu di Yogyakarta AmanIDN Times/Nindias Khalika

Setelah pencoblosan selesai, Dofiri mengatakan pihaknya fokus ke penghitungan suara dan pengembalian kotak dan surat suara ke kecamatan.

"Sudah tugas kami mengawal surat suara dan logistik dikirim ke kecamatan."

3. Ribuan personel menjaga Pemilu

Polda DIY: Pemilu di Yogyakarta AmanIDN Times/Nindias Khalika

Untuk Pemilu 2019, Dofiri mengatakan polda menyiagakan 6.688 personel untuk menjaga Pemilu. "Ditambah TNI 1.600 personel. Jadi kekuatannya cukup untuk meng-cover DIY," jelasnya.

Personel tersebut, lanjutnya, turut menjaga delapan TPS sangat rawan dengan skema 2-1-2. "Artinya dua polisi dan 2 linmas mengamankan satu TPS. Kalau TPS-nya kondusif, 2 polisi mengamankan 6 atau 8 TPS, ujarnya.

Baca Juga: Pemilih Lansia Merasa Diabaikan 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya