Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!

Biar semua nyaman menikmati karya yang dipamerkan

Yogyakarta, IDN Times - Festival seni ARTJOG MMXIX tengah berlangsung di Jogja National Museum pada tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Berbagai macam karya seni seniman serta seniwati, lokakarya, pertunjukkan musik serta tari kontemporer, dan lain-lain menjadi suguhan selama acara diselenggarakan.

Tak sekadar melihat pameran, pengunjung yang datang ke ruang pamer juga mesti mengikuti tata tertib agar kenyamanan bersama terjaga. Apa saja aturan yang wajib kamu taati ketika melihat karya seni di ARTJOG MMXIX? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Tidak boleh menyentuh karya

Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!IDNTimes/Holy Kartika

Karya seni di ARTJOG MMXIX bisa jadi menarik perhatianmu tapi kamu dilarang untuk menyentuhnya. Selain itu, kamu juga mesti menjaga jarak dengan karya seni di ARTJOG MMXIX. Hal ini dikarenakan karya yang ada di ruang pameran tersebut terbuat dari berbagai macam bahan yang rentan rusak jika dipegang pengunjung.

Baca Juga: ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat Seni

2. Syarat memotret di ruang pameran

Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!IDNTimes/Holy Kartika

Selama di ruang pameran, kamu diperbolehkan memotret di dalam. Namun, lampu flash tidak diperkenankan. Buat kamu yang ingin membawa tripod atau monopod ke area pameran ARTJOG pun juga tak diperkenankan sehingga foto hanya bisa diambil tanpa alat bantu penyangga.

3. Dilarang membawa makanan serta minuman dan hewan peliharaan

Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!Pexels/Pixabay

Selain hal di atas, minuman, makanan, serta hewan peliharaan juga tak boleh dibawa saat mengunjungi ruang pameran ARTJOG MMXIX. Jadi apabila kamu sedang menyantap makanan atau membawa minuman saat tiba di Jogja National Museum, ada baiknya jika kamu habiskan terlebih dahulu atau ditinggal di kendaraan sebelum memasuki ruang pameran.

4. Tak boleh membawa tas besar dan satu tiket hanya berguna untuk satu kali masuk

Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!unsplash.com/@fancycrave

Tas besar juga jadi barang lain yang tak diperkenankan dibawa ke ruang pamer. Alasannya bisa jadi karena keberadaan barang tersebut bisa mengganggu jika ruang pameran sedang penuh dengan pengunjung. Makanya, tas besar mesti ditinggalkan di kendaraan atau dititipkan di loker.

Terkait karcis, pengunjung hanya boleh memasuki ruang pameran dengan satu tiket. Tiket ARTJOG MMXIX untuk orang dewasa tahun ini dijual seharga Rp 50 ribu.

5. Anak di bawah umur 12 tahun mesti dijaga orang dewasa

Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!IDNTimes/Holy Kartika

Aturan lain yang mesti ditaati pengunjung, khususnya para orang tua, adalah anak di bawah usia 12 tahun mesti di bawah pengawasan orang dewasa. Hal ini bisa jadi berhubungan dengan peraturan pertama bahwa karya yang ada di ruang pamer mesti diperlakukan sedemikian rupa agar tak rusak.

Selain itu, pengunjung di ruang pameran juga mesti menjaga ketenangan selama melihat karya ARTJOG MMXIX. Tujuannya agar semua orang yang datang ke pameran bisa menghayati estetika dan pesan dari karya tanpa mesti terganggu oleh suara ramai.

Itu dia aturan yang mesti kamu taati saat datang ke pameran ARTJOG MMXIX. Jangan dilanggar ya!

Baca Juga: Belum ke ARTJOG MMXIX? Aduh, Rugi Banget!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya