Comscore Tracker

ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat Seni

Serunya anak-anak belajar robotika di tengah ruang seni

Yogyakarta, IDN Times- ARTJOG MMXIX bukan hanya ruang pamer seni yang bisa dinikmati orang dewasa. Anak-anak juga bisa mendapatkan hal seru selama penyelenggaraan festival seni kontemporer Indonesia yang berlangsung di Jogja Nasional Museum.

Menggandeng HONF Foundation, salah satu program edukasi yang dikemas dalam ARTJOG Educational Program menghadirkan beberapa program edukasi, baik untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Director of ARTJOG, Heri Pemad mengatakan ARTJOG MMXIX tetap mempertahankan beberapa program edukasi pamerannya. Antara lain, Meet the Artist dan Curatorial Tour. Sebagai common spaces program edukasi lain yang dihadirkan dirancang untuk memperdalam wawasan publik tentang tema yang diusung.

"Pada akhirnya, common spaces adalah upaya untuk menjadikan kesenian sebagai sebuah ruang pengetahuan bersama," ujar Heri Pemad.

1. Program edukasi warga dan anak selama ARTJOG 2019

ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat SeniIDNTimes/Holy Kartika

Creative Researchers HONF, Ratna Juwita mengatakan dalam rangka 20 tahun HONF Foundation, yayasan ini memiliki program HONF Public Laboratory. Misinya adalah agar warga bisa mengakses kegiatan yang sudah dilakukan HONF selama 20 tahun ini.

"Bekerjasama dengan ARTJOG kami memberikan program workshop edukasi yang akan diberikan selama sebulan. Antara lain materi tentang robotika dan art biology untuk anak, arsitektur dan fashion," ujar Ratna, Minggu (28/7).

Program yang selalu diberikan HONF adalah memberikan edukasi yang bisa do it yourself atau do it with others, agar anak dapat belajar tentang hal-hal kreatif yang bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama. 

Baca Juga: Belum ke ARTJOG MMXIX? Aduh, Rugi Banget!

2. Membangun interaksi kreatif anak

ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat SeniIDNTimes/Holy Kartika

Ratna menambahkan dengan kegiatan ini, kreativitas anak juga secara tidak langsung berkembang, baik dikerjakan sendiri maupun saat berinteraksi dengan peserta lain.

"Intinya, kami ingin mendapatkan interaksi anak-anak dengan program ini," papar Ratna.

Edukasi kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai metode. Namun, untuk merangsang kreativitasnya berkembang, perlu dilakukan melalui hal-hal yang menyenangkan.

3. Ajak anak belajar sains dan teknologi lewat ruang seni

ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat SeniIDNTimes/Holy Kartika

Ratna mengatakan pendekatan dan edukasi tentang sains dan teknologi dapat dilakukan dari hal-hal sehari-hari yang dekat dengan dunia anak.

"Misalnya lewat mainan yang mereka beli, lewat workshop robotika ini, kami ingin ajak anak coba buat mainannya sendiri sambil mengembangkan logika mereka secara sederhana," jelas Ratna.

Pada intinya, workshop edukasi tersebut mencoba mengajak anak belajar ilmu pengetahuan dan teknologi melalui medium seni atau di ruang seni seperti ARTJOG.

Baca Juga: ARTJOG MMXIX Telah Dibuka, Ini Daftar Kegiatan yang Bisa Kamu Ikuti! 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya