Comscore Tracker

Djarum Foundation Ajak Ratusan Mahasiswa Hijaukan Candi Prambanan

Ribuan semak bunga dan ratusan pohon ditanam

Sleman, IDN Times - Bakti Lingkungan Djarum Foundation mengadakan kegiatan Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) di Kompleks Candi Prambanan pada Rabu (26/6) sore.

Acara dengan agenda penghijauan candi ini diikuti oleh 500 mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta. Mereka menanam 5.000 semak bunga dan 250 pohon dari 25 varietas di sekitar Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Sewu, dan Candi Roro Jonggrang.

1. Pertama kali libatkan masyarakat

Djarum Foundation Ajak Ratusan Mahasiswa Hijaukan Candi PrambananIDN Times/Nindias Khalika

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan Candi Darling merupakan  program dari gerakan Siap Darling yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga karena mereka turut berperan serta menghijaukan situs cagar budaya dan menularkannya di masyarakat," katanya.

Sementara itu, Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation Tania Anggriani menjelaskan bahwa Candi Darling adalah kegiatan penghijauan dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang pertama kali melibatkan masyarakat, khususnya mahasiswa.

"Sebelumnya kami hanya menanam oleh Djarum Foundation sendiri. Kami menanam pohon trembesi di jalur Merak-Banyuwangi, lingkar Madura, dan Tol Trans Jawa. Kenapa menarik mahasiswa adalah agar mereka lebih care terhadap lingkungan," ucapnya.

Baca Juga: Pemenang Djarum Foundation Writing Competition Raih Beasiswa Rp20 Juta

2. Dimulai dari Kompleks Candi Prambanan

Djarum Foundation Ajak Ratusan Mahasiswa Hijaukan Candi Prambanandaftarwisataindonesia.com

Penghijauan lewar Candi Darling bakal diadakan di 267 candi yang tersebar di 64 kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia. Kompleks Candi Prambanan dalam hal ini menjadi sasaran pertama program gerakan Siap Darling tersebut.

Sebanyak 5.000 semak bunga dan 250 pohon dari 25 varietas ditanam di sekitar Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Sewu, dan Candi Roro Jonggrang. Menurut Tania, penghijauan di candi dilakukan agar wisatawan yang datang merasa lebih nyaman karena lingkungan menjadi teduh. Apabila hal itu terjadi, FX Supanji mengatakan nilai situs budaya itu akan bertambah sehingga semakin banyak pelancong yang datang.

3. Merasa terbantu

Djarum Foundation Ajak Ratusan Mahasiswa Hijaukan Candi PrambananIDN Times/Nindias Khalika

Salah satu mahasiswa peserta Candi Darling Andhika Paramita mengatakan dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini. Mita yang merupakan warga Klaten merasa pohon kompleks candi perlu ditambah agar menjadi tambah sejuk.

"Kita tahu kan kalau di depan kompleks candi itu jalan umum. Banyak polusi udara. Pohon di kompleks cabdi sudag banyak tapi masih kurang. Makanya kegiatan ini sangat membantu karena pohon produksi oksigen jadi tambah sejuk," jelasnya.

Baca Juga: Isu Lingkungan Jadi Favorit Peserta Djarum Writing Competition

Topic:

  • Nindias Khalika
  • Paulus Risang

Just For You