Disdikpora Jamin Semua Siswa Bisa Sekolah

Disdikpora akan mencarikan sekolah terdekat lewat sistem

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY  akan mencarikan sekolah bagi calon siswa yang tidak mendapatkan SMA atau SMK usai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online selesai.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan usaha ini dilakukan agar semua anak tetap bisa sekolah. Hal tersebut juga dilakukan agar tak ada sekolah yang kekurangan murid.

Baca Juga: Komnas Perlindungan Anak: PPDB 2019  Mengebiri Hak Anak! 

1. Butuh waktu satu hari buat melakukan seleksi

Disdikpora Jamin Semua Siswa Bisa SekolahANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Baskara Aji mengatakan memiliki waktu satu hari, yakni tanggal 27 Juni, untuk menyeleksi sekokah yang masih memiliki daya tampung dan anak yang belum mendapatkan sekolah.

"Kenapa saya butuh satu hari buat mengumumkan? Supaya jika nanti ada sekolah yang tempat duduknya masih kosong maka nanti sistem saya akan mencari anak dengan pilihan tidak di sekolah itu tapi di wilayah terdekat," katanya.

2.Kecil kemungkinan terjadi di kota

Disdikpora Jamin Semua Siswa Bisa SekolahANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY Didik Wardaya menilai kecil kemungkinan sekolah di Kota tersisanya kursinya.

"Tapi kalau daerah seperti Panggang Gunung Kidul, walaupun di sana persaingan besar tapi animo ke SMK tinggi jadi kemungkinan bisa jadi ada kursi yang tidak terisi," ucapnya.

3. Tetap bisa lakukan proses pembelajaran

Disdikpora Jamin Semua Siswa Bisa SekolahANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Didik mengatakan meski pihaknya mengusahakan agar calon siswa mendapatkan sekolah tapi jika siswa yang bersangkutan tidak bersedia ditempatkan, Dinas tidak akan memaksa.

"Seakan-akan anak dipaksa sekolah di situ. Ketika anak tidak mau melakukan registrasi, ya sudah itu dibiarkan kosong. Dalam ketentuan kelas terakhir kan minimal 20 [kursi] jadi berarti proses pembelajaran masih berlangsung," katanya.

Baca Juga: Jalan Kaki Tinjau Malioboro, Sultan Pungut Sampah di Jalanan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya