Balkonjazz Festival 2019 Sedot Ribuan Pengunjung ke Kawasan Borobudur

8.000 orang serbu Balkondes Tuksongo

Magelang, IDN Times - Yura Yunita menutup festival musik rakyat di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo, Borobudur, Sabtu (14/9). Balkonjazz Festival 2019 menjadi pesta bagi masyarakat sekitar kawasan Candi Borobudur, sekaligus membangkitkan ekonomi di kawasan tersebut.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan kawasan Borobudur sebagai salah satu tujuan wisata terpadu di Indonesia tidak hanya bisa dilihat oleh masyarakat hanya candi saja.

"Akan tetapi, juga bisa disaksikan melalui seluruh atmosfer yang berada di daerah ini. Kalau arahan dari Pak Presiden dan Kementerian BUMN, Borobudur ini harus kita bantu dan sejalan sebagai suatu destinasi unggulan di Indonesia selain Bali," ujar Edwin.

1. Tampilkan atraksi selain Candi Borobudur

Balkonjazz Festival 2019 Sedot Ribuan Pengunjung ke Kawasan BorobudurDok. Balkonjazz Festival 2019

Balkonjazz Festival 2019 disambut meriah masyarakat dan penikmat musik. Setidaknya lebih dari 8.000 pengunjung tidak hanya berasal dari Magelang dan sekitarnya, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka memadati seluruh area dari festival yang dipromotori oleh PT Manajemen CBT Nusantara ini, mulai dari area panggung pertunjukan maupun Pasar Balkon.

Edwin berharap dengan seperti ini tidak hanya candi yang dapat dinikmati di kawasan ini. Akan tetapi dapat menampilkan destinasi wisata lainnya yang ada di Kecamatan Borobudur, potensi yang dimiliki oleh masyarakatnya maupun Balkondes sebagai badan usaha yang dikelola secara langsung oleh warga lokal.

“Selama ini penanganannya terpusat kepada candi. Sekarang pemerintah ingin bagaimana atraksinya tidak hanya candi, namun juga yang lainnya. Dan Balkonjazz Festival bersama Balkondes adalah salah satu hal yang mampu membuat apa yang ada di sini menjadi lebih komplit secara kepariwisataan,” imbuh Edwin.

Baca Juga: Balkonjazz Festival 2019, Kawinkan Musik dan Potensi Ekonomi Lokal

2. Pengalaman berkesan bagi musisi

Balkonjazz Festival 2019 Sedot Ribuan Pengunjung ke Kawasan BorobudurDok. Balkonjazz Festival 2019

Bagi para musisi yang mengisi acara tersebut, tampil di tengah atmosfer yang asri menjadi pengalaman yang menarik. Apalagi dikelilingi potensi lokal yang ada di Balkondes Tuksongo.

Setelah sajian atraksi budaya, pengunjung dihibur dengan penampilan Frau dan sederet artis penampil lainnya, seperti Nosstress, Langit Sore, Tashoora, Dialog Dini Hari, Payung Teduh, dan Rio Febrian. Sebelum akhirnya ditutup dengan penampilan Yura Yunita.

Sasi Kirono, Gitaris Tashoora mengatakan, Balkonjazz Festival baginya telah menjadi sebuah festival musik yang sangat menyenangkan. Walau Balkonjazz Festival diselenggarakan di tempat yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, namun semua area dipenuhi oleh para pengunjung yang memberikan apresiasi yang sangat besar.

“Festival ini sangat luar biasa bagi kami. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu tempat ini, tapi banyak sekali pengunjung yang datang ke sini," imbuh Sasi.

3. Akomodasi di balkondes full booked

Balkonjazz Festival 2019 Sedot Ribuan Pengunjung ke Kawasan BorobudurDok. Balkonjazz Festival 2019

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso melanjutkan, gelaran Balkonjazz Festival 2019 tidak hanya menjadi sebuah momen yang sangat menggembirakan bagi para pengunjung festival ini, namun juga bagi para penduduk sekitar. Tak hanya menjadi saat di mana mereka terhibur dengan beragam sajian yang disuguhkan di dalamnya.

Festival ini juga telah membantu masyarakat sekitar untuk memperkenalkan banyak potensi yang dimilikinya, juga mendistribusikan produk-produk yang telah mereka hasilkan kepada khalayak yang lebih luas.

“Masyarakat sekitar sini (Balkonjazz Festival 2019) merasa begitu senang akan adanya festival ini di tengah-tengah mereka. Selain itu, banyak sekali pengunjung yang datang ke sini menikmati secara langsung berbagai fasilitas yang disajikan oleh Balkondes. Hari ini, seluruh kamar yang ada di seluruh Balkondes sold out,” pungkas Jatmika.

4. Pasar Balkon jadi daya tarik pengunjung

Balkonjazz Festival 2019 Sedot Ribuan Pengunjung ke Kawasan BorobudurDok. Balkonjazz Festival 2019

Inisiator dan Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo menjelaskan, senada dengan yang diutarakan oleh Jatmika, festival ini telah menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi semua orang yang hadir di sini. Namun yang paling menarik perhatiannya adalah antusias pengunjung terhadap produk-produk yang disajikan para pengisi tenant Pasar Balkon laris manis.

“Mudah-mudahan goal yang ingin kami capai bisa tercapai pada hari ini. Dan bagi saya, seramai-ramainya pengunjung yang hadir di sini jika dagangan dari para pengisi tenant tidak laku itu akan menjadi percuma. Alhamdulillah sejak sore tadi sampai malam ini dagangan dari para pengisi tenant laku banget,” jelas Bakkar.

Baca Juga: Balkonjazz Festival 2019 Bakal Dorong Ekonomi Warga Borobudur

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya