Comscore Tracker

Balkonjazz Festival 2019 Bakal Dorong Ekonomi Warga Borobudur

Promosikan potensi lokal lewat musik

Yogyakarta, IDN Times-Balkonjazz Festival 2019 bakal dihelat perdana dengan menyuguhkan musik di desa wisata di kawasan Candi Borobudur, Magelang. Festival ini bakal berlangsung pada Sabtu (14/9).

Direktur PT Manajeman CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso selaku pihak pengelola Balkondes menuturkan, sampai saat ini setidaknya ada 20 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang tersebar di beberapa titik di sekitar Candi Borobudur. 

"Setiap Balkondes memiliki potensi lokal menarik yang bisa dirasakan langsung oleh wisatawan yang berpelesir ke berbagai destinasi wisata yang ada di Borobudur," ujar Jatmika dalam rilisnya, Selasa (10/9).

Balkonjazz Festival tak sekadar menjadi gelaran musik dan menghidupkan kawasan Balai Ekonomi Desa yang didirikan sejumlah BUMN di kawasan Borobudur. Akan tetapi, festival ini juga diharapkan dapat menghidupkan roda perekonomian warga di kawasan tersebut.

1. Promosikan Balkondes lewat konser musik

Balkonjazz Festival 2019 Bakal Dorong Ekonomi Warga BorobudurDok. Rajawali Indonesia

Untuk lebih meningkatkan lagi potensi masyarakat dan Balkondes, PT Manajemen CBT Nusantara menggandeng Sinergi Nusantara menginisiasi sebuah gelaran musik bernama Balkonjazz Festival yang siap diselenggarakan di Balkondes Tuksongo. Festival ini tercipta dari proses kolaborasi antara budaya yang telah ada sejak lama di daerah tersebut, bersama musik dari para musisi ternama Indonesia.

Inisiator dan Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara menjelaskan Balkonjazz Festival tidak hanya menjadi sebuah gelaran musik pada umumnya. Sebab, para pengunjung di Balkonjazz nanti akan dibuat terpesona oleh panorama alam sekitar Balkondes.

“Balkonjazz Festival 2019 segera kami suguhkan kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap festival ini akan menjadi awal yang baik, di mana masyarakat Indonesia mengetahui bahwa ada banyak potensi ekonomi lokal yang luar biasa dimiliki oleh masyarakat di seputaran Balkondes. Dan harapannya nanti, akan lebih banyak lagi wisatawan dan pelaku ekonomi yang akan datang ke sini,” jelas Bakkar.

Baca Juga: [FOTO] Sepenggal Sore di Bendung Kamijoro, Tempat Wisata Hits di Jogja

2. Kenalkan potensi lokal tiap Balkondes

Balkonjazz Festival 2019 Bakal Dorong Ekonomi Warga BorobudurDoc Pribadi/Holy Kartika

Asisten Pendampingan Balkondes, Hatta menambahkan untuk pembangunan Balkondes di beberapa titik di Kecamatan Borobudur memang sengaja untuk menunjukkan potensi lokal yang ada di setiap Balkondesnya. 

Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati destinasi wisata yang ada di Kecamatan Borobudur.

"Wisatawan juga bisa menambah waktu lama tinggalnya di Balkondes dengan beragam fasilitas yang nyaman, dan juga bisa merasakan langsung bagaimana potensi lokal yang sudah ada sejak lama di setiap Balkondesnya,” papar Hatta.

3. Tingkatkan ekonomi warga sekitar

Balkonjazz Festival 2019 Bakal Dorong Ekonomi Warga Borobudurnasionalrakyatmerdeka.com

Hatta menambahkan dampak nyata yang bisa dilihat di antaranya seperti desa yang saat ini memiliki usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), kebanggaan masyarakat akan desanya yang semakin meningkat, dan juga bertumbuhnya peluang usaha di tengah masyarakat.

"Dengan adanya Balkondes tentunya sangat membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar," imbuh Hatta.

Baca Juga: 3 Kuliner Favorit Keluarga Jokowi yang Wajib Kamu Cicipi di Solo

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You