Asyik, Piknik ke Lombok Bisa Lewat Yogyakarta International Airport!

Air Asia hubungkan 2 destinasi unggulan Indonesia

Kulon Progo, IDN Times - Air Asia akhirnya resmi membuka penerbangan dari Yogyakarta International Airport (YIA) ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Kamis (1/8). Bagi PT Angkasa Pura I, dengan dibukanya rute ini, konektivitas dua destinasi wisata unggulan di Indonesia semakin mudah diakses.

"Dengan dibukanya penerbangan LOP-YIA-LOP, artinya telah terbuka konektivitas antar destinasi wisata unggulan di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya berbagai pilihan rute luar Jawa yang dibuka di YIA," ujar Pelaksana Tugas Yogyakarta International Airport, Agus Pandu Purnama.

1. Rute Jogja-Lombok destinasi favorit

Asyik, Piknik ke Lombok Bisa Lewat Yogyakarta International Airport!IDNTimes/Holy Kartika

Pandu memaparkan selama ini Yogyakarta dan Lombok merupakan destinasi favorit di Indonesia. Dibukanya rute ini memberikan banyak pilihan bagi wisatawan yang akan berwisata, baik dari Yogyakarta maupun Lombok.

"Penerbangan ke Lombok ini merupakan rute ketujuh yang dibuka di Yogyakarta International Airport. Sebelumnya ada enam rute yang dilakukan dua maskapai, yakni Citilink dan Lion Group," ungkap Pandu. 

Air Asia menggunakan pesawat Airbus A320 dengan nomor penerbangan QZ650. Rute ini melayani penumpang dari Lombok dan tiba di YIA pukul 08.30 WIB.

Baca Juga: Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi Wisata

2. Potensi wisatawan ke Yogya makin banyak

Asyik, Piknik ke Lombok Bisa Lewat Yogyakarta International Airport!IDN Times/Holy Kartika

Sebagai dua destinasi unggulan Indonesia, Yogyakarta dan Lombok sama-sama diminati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pandu mengungkapkan dengan dibukanya rute ini akan semakin banyak penumpang di YIA, serta meningkatkan jumlah wisatawan ke Yogyakarta. 

"Saat ini, okupansi [load factor] sudah di atas 1.000 orang. Sebelumnya kami menargetkan hanya 600 orang penumpang," jelas Pandu. 

Rute LOP-YIA yang dilayani Air Asia mengangkut sedikitnya 136 penumpang dengan tingkat okupansi sebesar 77 persen. Pesawat Air Asia dari YIA, akan take off menuju Lombok pukul 09.00 WIB dan tiba di Lombok pukul 11.25 WITA. Rute ini akan dilayani Air Asia selama 3 kali dalam sepekan.

3. Lion Air akan menambah lagi rute baru dari YIA

Asyik, Piknik ke Lombok Bisa Lewat Yogyakarta International Airport!IDN Times/Holy Kartika

Tidak hanya Air Asia, Pandu menambahkan akan ada rute baru yang akan dibuka dalam waktu dekat ini. Sedikitnya ada enam rute baru lagi yang akan terbang dari bandara baru Kulon Progo. 

"Kami sudah konfirmasi dengan Lion Air, dalam waktu dekat maskapai ini akan membuka enam rute baru dari YIA," ungkap Pandu. 

Rute baru yang akan dilayani Lion Air yakni tujuan Kualanamu, Tarakan, Samarinda, Balikpapan dan Pontianak, termasuk Bali. Pandu mengatakan rute-rute tersebut cukup dinanti masyarakat. 

Baca Juga: Akomodasi Air Crew, Angkasa Pura I Akan Bangun Hotel di Bandara YIA

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya