Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi Wisata

Ayo, explore tempat wisata di Kulon Progo dan Makassar!

Kulon Progo, IDN Times - Penerbangan langsung dari dan ke Makassar, sekarang sudah bisa dilayani di Yogyakarta International Airport. Secara resmi Lion Air akhirnya membuka rute baru tersebut di bandara baru Kulon Progo.

"Lion Air mengawali penerbangan dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG) bernomor penerbangan JT-643," ujar Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (25/7).

Bukan hanya maskapai singa yang menambah lagi rute-rute baru untuk terbang, baik dari maupun ke Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Yogyakarta. Sejumlah maskapai juga mulai menambahkan destinasi YIA untuk menyambut perpindahan operasional bandara Yogyakarta ke Kulon Progo.

1. Rute pertama yang hubungkan Kulon Progo dan Makassar

Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi WisataIDN Times/Holy Kartika

Momen inagurasi, Lion Air mengoperasikan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 kursi kelas ekonomi. Danang menambahkan Yogyakarta International Airport merupakan alternatif terbaru bagi travelers yang ingin bepergian menuju atau dari Yogyakarta dan wilayah sekitarnya ke berbagai kota di Indonesia.

"Penerbangan tersebut menempatkan Lion Air sebagai maskapai pertama dan satu-satunya saat ini yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin dengan Yogyakarta International Airport di Kulon Progo," jelas Danang.

Dengan dibukanya rute tersebut, Lion Air berharap bisa menyediakan penerbangan dengan jadwal keberangkatan yang sesuai kebutuhan wisatawan dan pebisnis di era perjalanan udara kekinian atau millennials travelers.

"Ekspansi bisnis Lion Air tersebut bertujuan dalam upaya menyediakan pilihan penerbangan langsung ataupun lanjutan," papar Danang.

Baca Juga: Akomodasi Air Crew, Angkasa Pura I Akan Bangun Hotel di Bandara YIA

2. Rute baru Kulon Progo jadi destinasi hits baru

Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi WisataDok.Pribadi/Holy Kartika

Dengan adanya r ute baru Makassar-Kulon Progo, Yogyakarta menjadi destinasi baru hits dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang dinilai mampu melengkapi layanan saat ini ke Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta (JOG).

"Bagi millennials travelers yang akan mewujudkan mimpi jelajahi Kulon Progo, ada beberapa destinasi instagramable untuk dikunjungi," ungkap Danang.

Antara lain Hutan Mangrove Wana Tirta, Pantai Glagah yang berjarak sekitar 8,4 km dari Yogyakarta International Airport atau sejenak di Bukit Isis untuk menikmati keindahan hijaunya perbukitan menoreh yang memanjakan mata serta beragam objek wisata lainnya.

Sedangkan Makassar yang dikenal kota transit Indonesia bagian timur, juga menyuguhkan berbagai tempat wisata popular, seperti Fort Rotterdam atau terkenal sebutan Benteng Ujung Pandang untuk mempelajari banyak hal tentang sejarah Makassar.

3. Sampai Agustus, ada 16 pergerakan pesawat baru di YIA

Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi WisataIDN Times/Holy Kartika

Pelaksana Tugas Yogyakarta International Airport, Agus Pandu Purnama mengungkapkan saat ini existing flight di YIA dilayani oleh maskapai Citilink, Batik Air dan Lion Air dengan penerbangan perdana Makassar-YIA. Ke depan akan ada total 12 pergerakan pesawat dengan rute baru yang akan dilayani di bandara Kulon Progo ini.

"Untuk Lion Group, ada Batik Air dengan empat penerbangan dan akan ada satu lagi penerbangan, izin sudah keluar tetapi belum terbang," ujar Pandu.

Sedangkan per 1 Agustus nanti, Air Asia akan mulai terbang dari Yogyakarta International Airport dengan tujuan Lombok Internasional Airport. "Dengan demikian akan ada 16 movement baru sampai Agustus nanti," jelas Pandu.

4. Rute existing di Yogyakarta International Airport

Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi WisataDok.IDN Times/Istimewa

Adapun rute yang telah beroperasi di YIA adalah sebagai berikut:

  • Citilink: Halim Perdana Kusuma (Jakarta)-YIA (Kulon Progo, Yogyakarta), dua kali flight.
  • Batik Air: Cengkareng (Jakarta)-YIA (Kulon Progo, Yogyakarta) 2 kali flight, YIA-Palangkaraya, dan YIA-Samarinda
  • Lion Air: YIA-Makassar

Rute baru yang belum terbang:

  • Air Asia: YIA-Lombok (1 Agustus 2019)
  • Batik Air: YIA-Bali

Baca Juga: 3 Bulan lagi Beroperasi Penuh,  Infrastruktur Pendukung YIA Belum Siap

Topic:

  • Holy Kartika
  • Paulus Risang

Just For You