Comscore Tracker

Wisatawan ke Pantai Bantul Naik, Pendapatan Tiket Masuk Meningkat 

Nelayan mulai panen ikan, wisatawan bisa mendapatkan ikan segar

Bantul, IDN Times - ‎Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) Induk kawasan Pantai Parangtritis mencatatkan kenaikan jumlah pendapatan dari pembayaran retribusi selama sepekan mulai 21-27 November 2022 mencapai Rp333 juta. Jumlah wisatawan mencapai 34.355 orang atau naik 16,5 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

"Ada kenaikan jumlah wisatawan yang datang, otomatis menambah jumlah pemasukan PAD," kata Kasi Promosi dan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (28/11/2022).

 

1. Pekan lalu kunjungan mencapai 28.972 orang

Wisatawan ke Pantai Bantul Naik, Pendapatan Tiket Masuk Meningkat Kemacetan di TPR Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya saat acara komunitas sepeda motor CB di kawasan Pantai Depok, jumlah peserta membludak dan sebagian tidak membayar tiket masuk. Pekan lalu pada Minggu (20/11/2022) pembayaran retribusi menambah pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp280 juta dengan jumlah wisatawan mencapai 28.972 orang.‎

"Petugas TPR waktu itu sudah tidak menarik retribusi agar tidak terjadi kemacetan yang parah. Namun tetap saja kemacetan parah terjadi yang berdampak pada wisatawan yang tidak bisa masuk ke objek wisata Pantai Parangtritis," ucapnya.

2. Optimis libur Nataru jumlah wisatawan meningkat

Wisatawan ke Pantai Bantul Naik, Pendapatan Tiket Masuk Meningkat Hutan pinus Mangunan.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang disapa akrab Ipung ini mengaku kenaikan kunjungan wisata di akhir bulan November menjadi sinyal kuat bagi sektor pariwisata apalagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Ya ini sinyal bagus lah, kami optimis saat libur Nataru jumlah wisatawan yang datang ke Bantul akan membludak. Harapan kami kejadian acara komunitas sepeda motor CB tidak terulang lagi, yang rugi bukan Pemda Bantul, juga pelaku kuliner di Pantai Depok," ucapnya.

Baca Juga: Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh 

3. Nelayan mulai panen ikan, wisatawan bisa mendapatkan ikan segar

Wisatawan ke Pantai Bantul Naik, Pendapatan Tiket Masuk Meningkat Ikan hasil tangkapan nelayan.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pemilik warung makan seafood di Pantai Depok, Dardi Nugroho mengatakan saat ini kunjungan wisatawan normal kembali. Pria yang disapa akrab Dargon menyatakan saat ini para wisatawan bisa mendapatkan ikan segal, pasalnya nelayan mulai panen tangkapan ikan.  

"Saat ini nelayan baru mulai panen tangkapan ikan sehingga wisatawan bisa mendapatkan ikan segar dari nelayan," ungkapnya.‎ 

Baca Juga: Pantai di Bantul Ini Sajikan Kuliner Seafood nan Nikmat

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya