Warga Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul Diungsikan‎

Dua warga yang tertimbun longsor belum bisa dievakuasi

Gunungkidul, IDN Times - ‎Bencana tanah longsor yang terjadi di Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, pada Sabtu (19/11/2022), menyebabkan dua orang warga tertimbun material longsoran dan dua rumah rata dengan tanah.

Tim SAR gabungan yang berada di lokasi masih berupaya mengevakuasi kedua korban yang masih tertimbun material longsoran. Sementara, warga lainnya yang terdampak longsoran sudah diungsikan.

1. Tim SAR gabungan masih berusaha mengevakuasi dua korban yang terkubur longsoran‎

Warga Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul Diungsikan‎Salah satu rumah yang diterjang longsor di Dusun Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (19/11/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu relawan SAR Gunungkidul, Arif, menjelaskan Tim SAR gabungan yang berada di lokasi saat ini tengah berusaha mengevakuasi dua korban yang tertimbun tanah. Namun, keduanya belum ditemukan.

"Upaya pencarian dua korban yang tertimbun masih dilakukan," ungkapnya, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur Material

2. Warga yang berada di daerah terdampak diungsikan‎

Warga Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul Diungsikan‎Pengungsi bencana longsor di Semin, Gunungkidul, menerima bantuan. (Dok. Kominfo Gunungkidul)

Menurut Arif, saat ini warga yang selamat dari bencana tanah longsor telah diungsikan ke Balai Kalurahan Candirejo. Ada belasan orang yang mengungsi. "Kebanyakan lansia dan anak-anak," katanya.

Evakuasi warga dilakukan karena potensi longsoran masih bisa terjadi. Oleh sebab itu, evakuasi warga yang tinggal di daerah terdampak terus dilakukan.

"Untuk warga sekitar daerah terdampak juga diminta hati-hati," ujar Arif.

3. Jumlah warga yang mengungsi dimungkinkan bertambah banyak‎

Warga Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul Diungsikan‎Sejumlah tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Lurah Candirejo, Agus Supriyadi, mengatakan lokasi evakuasi warga bukan hanya di Balai Kalurahan Candirejo, melainkan juga di Dusun Bangunsari.

"Proses evakuasi dibantu oleh keluarga dan tetangga dengan mengangkut barang-barang yang dimiliki ke rumah saudara," ucapnya.

Pihaknya belum bisa memastikan jumlah warga yang mengungsi. Sebab, potensi longsor masih bisa terjadi sehingga dimungkinkan jumlah pengungsi bertambah.

"Yang jelas masih ada dua ibu dan anak yang saat masih tertimbun dan belum bisa dievakuasi," pungkasnya.‎ 

Baca Juga: Santri Hilang di Pantai Seruni Gunungkidul Ditemukan Meninggal

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya