Comscore Tracker

Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur Material

Dua rumah rata dengan tanah diterjang material longsoran

Bantul, IDN Times - Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (19/11/2022). Dua warga dilaporkan tertimbun material longsoran yang terjadi usai hujan lebat tersebut.

1. Bencana longsor diawali dengan suara 'pletok-pletok'

Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur MaterialSejumlah tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Salah seorang saksi mata yang juga warga Blembem, Sarimin, menjelaskan peristiwa bencana tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelum bencana terjadi, terdengar suara gemuruh dari perbukitan di belakang rumah.

"Terdengar suara 'pletok-pletok, kemudian saya bersama dengan keluarga keluar rumah untuk menyelamatkan diri," katanya, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Santri Hilang di Pantai Seruni Gunungkidul Ditemukan Meninggal

2. Dua warga diduga terkubur dalam material longsoran‎

Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur MaterialSejumlah tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Diduga longsor terjadi setelah guyuran hujan lebat yang berlangsung sejak Jumat (18/11/2022) petang. Total ada tiga rumah yang tertimpa material longsoran di antaranya rumah milik Salinem, Karni dan Waliyo.

"Tidak semua penghuni rumah bisa menyelamatkan diri," ungkapnya.

Sarimin menjelaskan penghuni rumah Mbak Karso (90) dan anaknya Karni (54) tidak bisa menyelamatkan diri dan terkubur dalam material longsoran. Kedua korban hingga saat ini belum bisa dievakuasi.

"Mereka masih terkubur," ucapnya.

3. Dua rumah rata dengan tanah diterjang material longsoran‎

Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur MaterialSalah satu rumah yang diterjang longsor di Dusun Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (19/11/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Selain memakan korban tiga rumah yang terdampak longsoran, dua rumah di antaranya rata dengan dengan tanah. Sementara, satu rumah lainnya mengalami rusak sebagian akibat diterjang longsoran.

"Saat ini tim BPBD sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi korban," tandasnya.‎

Baca Juga: Kasus Atap Sekolah Runtuh di Gunungkidul Terjadi Lagi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya