Tanah Longsor Kulon Progo Sempat Tutup Jalur Masuk Sendangsono

Tempat ziarah Gua Maria Sendangsono tetap dibuka‎

Kulon Progo, IDN Times - ‎Bencana tanah longsor yang terjadi di Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (11/10/2022) menyebabkan salah satu rumah milik warga Padukuhan Duren Sawit roboh. Longsor juga mengakibatkan akses jalan utama menuju tempat ziarah umat Katolik yakni Gua Maria Sendangsono tertutup.

1. Tempat ziarah Gua Maria Sendangsono tetap dibuka‎

Tanah Longsor Kulon Progo Sempat Tutup Jalur Masuk SendangsonoAkses jalan tertutup longsoran tanah.(Dok.Istimewa)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo, Joko Satyo Ciptakarya membenarkan akses jalan utama menuju Gua Maria Sendongsono sempat matarial longsoran. 

Menurut Joko, walau terdapat tanah longsor, Sendangsono tetap dibuka untuk umum. Para peziarah memilih menggunakan jalan jalernatif. "Ya memang terganggu tapi tidak ada penutupan," ujarnya saat dihubungi, Kamis (13/10/2022).

 

2. Longsoran dibersihkan dengan alat berat

Tanah Longsor Kulon Progo Sempat Tutup Jalur Masuk Sendangsonogua maria sendangsono (instagram.com/luciawwijayanti)

Material tanah sisa di jalur masuk Sendangtirto akhirnya dibersihkan menggunakan alat berat. "Jadi kejadian longsor hari Selasa (11/10/2022) yang lalu. Akses jalan tertutup, saat ini bisa dibuka untuk kendaraan. Proses pembersihan material di jalan telah selesai dengan menggunakan alat berat," katanya.

Baca Juga: 8 Gua Maria di Jogja untuk Wisata Rohani, Khusyuk untuk Berdoa

3. Warga yang rumahnya roboh diusahakan terima bantuan

Tanah Longsor Kulon Progo Sempat Tutup Jalur Masuk SendangsonoRumah roboh tertimpa tanah longsor di Kulon Progo.(Dok.Istimewa)

Rumah rusak milik Lasiyem, seorang warga yang tempat tinggalnya rata dengan tanah, Joko mengatakan BPBD saat ini baru melakukan assesment di lokasi kejadian. Harapannya pemilik rumah memperoleh bantuan. 

"Ya kita akan koordinasi dengan administrasi kesra, Setda Kulon Progo untuk mengupayakan agar pemilik rumah nantinya mendapatkan bantuan bedah rumah," ujarnya.‎

Baca Juga: Gua Maria Sendangsono: Sejarah, Rute dan Tips Berkunjung 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya