Tanah Longsor Ancam Rumah Warga di Muntuk Dlingo Bantul

Alat berat diturunkan untuk membersihkan material longsor

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan warga masyarakat di Pakuhan Seropan 2, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul bergotong royong membersihkan material bangket yang ambruk dan menutup akses jalan utama. 

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP), Bantul membantu warga membersihkan material bangket di Jalan Seropan 2 yang merupakan penghubung antara Kalurahan Mangunan dan Kalurahan Muntuk.

 

1. Alat berat diturunkan untuk membantu warga

Tanah Longsor Ancam Rumah Warga di Muntuk Dlingo BantulKepala DPUPKP Bantul, Aris S (tengah).(Dok.Istimewa)

Kepala DPUPKP Bantul, Aris Suharyanta mengatakan Sabtu (12/11/2022) dikirimkan alat berat ke lokasi bencana. "Alat berat sudah kita kirim bersama dengan operatornya, semoga bisa membantu warga dan mempercepat pembersihan material longsoran bangket dan jalan kembali normal," ujarnya, Minggu (13/11/2022).

2. Akses hari ini diperkirakan kembali normal

Tanah Longsor Ancam Rumah Warga di Muntuk Dlingo BantulBangunan bangket ambrol tutup jalan.(Dok.Istimewa)

Lurah Muntuk, Marsudi mengatakan adanya bantuan alat berat maka pembersihan material bangket yang menutup jalan akan berjalan dengan cepat. "Hari hari ini diperkirakan sudah selesai dan akses jalan sudah kembali normal," ucapnya.

Baca Juga: Hujan Lebat, Bangket Sepanjang 70 Meter di Dlingo Bantul Ambruk 

3. Pekarangan longsor ancam rumah pemilik pekarangan‎

Tanah Longsor Ancam Rumah Warga di Muntuk Dlingo BantulIlustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Pria yang akrab disapa Comer ini menerangkan titik longsor bertambah satu yakni di pekarangan rumah warga yang kondisinya cukup berbahaya. Keadaan ini bisa menyebabkan rumah warga roboh.

"Lokasi masih di Padukuhan Seropan 2 namun beda RT. Setelah gotong-royong bersih bangket yang ambrol akan kita lanjutkan gotong-royong ke rumah warga yang pekarangannya longsor dan mengancam rumah tersebut," ujarnya.‎

Baca Juga: Kerugian Bencana Hidrometeorologi di Sleman Mencapai Rp4,7 Miliar 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya