Symphony Gumuk Pasir 2023 di Bantul Berlangsung Meriah

Kenalkan destinasi gumuk pasir barchan ke masyarakat luas

Bantul, IDN Times - ‎Symphony Gumuk Pasir 2023, yang digelar di kawasan Gumuk Pasir Barchan, Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kabupaten Bantul pada malam Minggu (24/9/2023), berlangsung meriah.

Berbeda dengan penyelenggaraan Symphony Gumuk Pasir tahun 2022 yang juga berlangsung di lokasi yang sama, kali ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menghadirkan kolaborasi antara orkestra dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan penampilan kesenian tradisional, fashion show yang menampilkan karya desainer Bantul, hingga penampilan khusus dari penyanyi yang terkenal dari ajang Indonesian Idol, Ghea Indrawari.

1. Ajak generasi muda untuk mem-branding Bantul sebagai kota kreatif‎

Symphony Gumuk Pasir 2023 di Bantul Berlangsung MeriahSymphony Gumuk Pasir 2023. (Dok. Diskominfo Bantul)

Dalam sambutannya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menekankan bahwa Kabupaten Bantul memiliki potensi kreatif yang luar biasa, baik dalam bidang kerajinan, seni, maupun dalam menjaga tradisi adat istiadatnya. Hal ini menjadikan Kabupaten Bantul dikenal sebagai komunitas yang kreatif dan kaya akan budaya yang luhur.

"Oleh karena itu, para generasi muda marilah kita bersama-sama membranding Bantul, mendorong Kabupaten Bantul ini kebudayaan yang hebat dan disertai masyarakat yang kreatif,"ucapnya.

2. Ajak generasi muda untuk terus berkreasi‎

Symphony Gumuk Pasir 2023 di Bantul Berlangsung MeriahSymphony Gumuk Pasir 2023. (Dok. Diskominfo Bantul)

Menurut Halim, Bantul memang diakui sebagai pusat seni dan budaya yang unggul, melampaui daerah-daerah lain. Hal ini tak lepas dari ketersediaan sekolah seni terlengkap di Indonesia, berbagai sanggar seni, bahkan kuburan para seniman yang ada di Bumi Projotamansari.

"Marilah warga Bantul, kita mendukung Kabupaten Bantul merupakan kabupaten paling nyeni di seluruh Indonesia. Ini tentu butuh dukungan dari generasi muda. Apalagi Bantul telah ditetapkan sebagai kabupaten kreatif nasional," ucapnya.

Acara Symphony Gumuk Pasir sendiri merupakan salah satu upaya untuk memperkuat SDM di bidang seni dan kebudayaan. Bupati juga mengajak generasi muda untuk terus berkarya, karena panggung kreasi selalu terbuka lebar bagi mereka.

"Pemkab Bantul sangat mendukung panggung-panggung seni yang ada di Kabupaten Bantul," pungkasnya.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Bantul Buka Kembali Selopamioro Park

3. Kenalkan gumuk pasir ke masyarakat lebih luas

Symphony Gumuk Pasir 2023 di Bantul Berlangsung MeriahKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menjelaskan bahwa Symphony Gumuk Pasir diselenggarakan setiap tahun sebagai wadah untuk memperkenalkan Gumuk Pasir Parangtritis kepada masyarakat secara lebih luas.

Diharapkan, para wisatawan yang berkunjung tidak hanya mengunjungi Pantai Parangtritis, tetapi juga menyempatkan diri untuk menjelajahi keindahan gumuk pasir yang hanya ada dua di seluruh dunia, salah satunya berada di Kabupaten Bantul.

"Gumuk pasir barchan merupakan satu-satunya gumuk pasir bertipe barchan di Asia Tenggara," ungkapnya.‎

Baca Juga: 10 Agenda Wisata Bulan September 2023 di Jogja, Kamu harus Datang

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya