Sepekan Operasi Patuh, 567 Pengendara di Bantul Kena Tilang

Knalpot brong sangat meresahkan pengguna jalan lainnya 

Bantul, IDN Times - ‎Satuan Lalu Lintas Polres Bantul telah menggelar Operasi Patuh Progo 2023 selama satu pekan. Hasilnya, ratusan pengendara mendapatkan sanksi tilang dan  ribuan pengendara lainnya mendapatkan teguran dari petugas.

1. Ada 567 pengendara yang kena sanksi tilang

Sepekan Operasi Patuh, 567 Pengendara di Bantul Kena TilangPengendara pelanggar lalu lintas langsung sidang di tempat. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan dari ratusan pengendara yang mendapatkan sanksi tilang, mayoritas adalah pengendara sepeda motor.

"Total ada 567 pengendara sepeda motor yang mendapatkan tilang selama satu pekan terkhir ini," katanya, Senin (17/7/2023).

2. 3.039 pengendara mendapatkan peringatan berupa teguran‎

Sepekan Operasi Patuh, 567 Pengendara di Bantul Kena TilangOperasi Zebra Progo 2022 Polres Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Menurut Jeffry, pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran berasal dari berbagi profesi, mulai dari pelajar, karyawan swasta, hingga aparatur sipil negara (ASN).

"Rata-rata kena sanksi tilang karena tidak membawa surat-surat lengkap, tidak mengenakan helm, hingga melawan arus," ungkapnya.

Selain tindakan tegas dengan tilang, petugas juga melakukan tindakan persuasif dengan memberikan teguran kepada pengendara.

"Ada sekitar 3.039 pengendara yang diberikan peringatan berupa teguran," tuturnya.

Baca Juga: Sempat Vakum 10 Tahun, Nelayan Samas Bantul Gelar Bekti Jolo Nidi

3. Minta pengendara tidak menggunakan knalpot blombongan

Sepekan Operasi Patuh, 567 Pengendara di Bantul Kena TilangPemusnahan knalpot blombongan.(Dok.Istimewa)

Lebih lanjut Jeffry mengatakan baik pengendara roda dua atau roda empat atau lebih untuk mematuhi aturan lalu-lintas demi keselamatan bersama dan berkendara dengan cara yang santun. Antara lain, melengkapi surat-surat mulai dari STNK, SIM, helm dan tidak menggunakan knalpot blombongan karena meresahkan pengguna jalan yang lainnya.

"Operasi Patuh Progo 2023 ini akan berakhir pada 23 Juli 2023 yang akan datang," pungkasnya.‎

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Mutilasi Mahasiswa di Sleman Versi Polisi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya