RSUD Saras Adyatma Bantul Layani Pasien Rujukan Gratis

Setahun awal beroperasi, pasien rujukan tak ditarik biaya

Bantul, IDN Times - ‎Rumah Sakit Saras Adyatma mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Kabupaten Bantul. Namun, Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 (RSLKC) yang berada di Kapanewon Bambanglipuro, pasti bukanlah hal asing lagi.

Ya, RSLKC yang selama dua tahun terakhir digunakan untuk penanganan pasien COVID-19, kini berganti nama menjadi RSUD Saras Adyatma. Rumah sakit tipe D milik Pemkab Bantul ini melengkapi RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul yang merupakan RS tipe B.

1. RSLKC Bambanglipuro kini menjadi RSUD Saras Adyatma‎

RSUD Saras Adyatma Bantul Layani Pasien Rujukan GratisDirektur RSUD Saras Adyatma, dr. Tarsisius Glory. (IDN Times/Daruwaskita)

Direktur RSUD Saras Adyatma, dr. Tarsisius Glory mengatakan RSUD Saras Adyatma memanfaatkan bangunan Puskesmas Bambanglipuro yang lama. Dilakukan perluasan sehingga berbagai fasilitas dan pelayanan dapat dihadirkan di rumah sakit yang berada di wilayah Bantul bagian selatan ini.

"Jadi ini dulunya Puskesmas Bambanglipuro yang lama, kemudian diperbaharui menjadi rumah sakit lapangan khusus COVID-19 dan kemudian diputuskan menjadi RSUD tipe D dengan nama RSUD Saras Adyatma. Kita akan resmi beroperasi pada 8 November 2022 yang akan datang," ujarnya, Jumat, (4/11/2022).

Baca Juga: Trans Jogja Palbapang-Malioboro Diresmikan, Siap Antar ke Bantul-Jogja

2. Prioritas penanganan pasien di RSUD Saras Adyatma‎

RSUD Saras Adyatma Bantul Layani Pasien Rujukan GratisRSUD Saras Adyatma Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Sebagai RSUD tipe D, Glory mengaku pelayanan dan fasilitasnya belum selengkap RSPS Bantul. Namun, keberadaan RSUD Saras Adyatma ini akan difokuskan untuk penanganan kesehatan atau penyakit yang kini menjadi program nasional yakni anak, ibu mengandung, dan penyakit infeksius seperti COVID-19.

"Jadi RSUD Saras Adyatma ini lebih fokus pada permasalahan ibu hamil yang bermasalah, anak dengan stunting dan penyakit dalam seperti TBC hingga COVID-19," ucapnya.

Dengan fokus permasalahan kesehatan nasional ini, sejumlah dokter spesialis hingga peralatan medis dan sarana penunjang lainnya sudah disiapkan di RSUD Saras Adyatma.

"Dokter spesialis anak, penyakit dalam hingga dokter spesialis kandungan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tentunya dengan dukungan pelayanan poli terkait," ucapnya.

3. RSUD Saras Adyatma merupakan rumah sakit rujukan pasien dari puskesmas‎

RSUD Saras Adyatma Bantul Layani Pasien Rujukan GratisRSUD Saras Adyatma Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Glory mengatakan, RSUD Saras Adyatma merupakan rumah sakit rujukan pasien dari puskesmas, terutama yang berada di wilayah Bantul bagian selatan. Selama satu tahun ke depan, RSUD Saras Adyatma ini akan memberikan pelayanan tanpa ditarik biaya selama pasien yang dirawat merupakan rujukan dari puskesmas.

"Tapi ya itu tapi pasien yang dirawat gratis atas rujukan puskesmas terkait anak dengan stunting, ibu hamil berisiko tinggi hingga penyakit infeksi (penyakit dalam)," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga masih menerima pasien COVID-19 hingga ibu hamil yang terpapar COVID-19 untuk menjalani pengobatan.

"Saat ini kita memiliki sekitar 50 tempat tidur untuk merawat pasien. Termasuk ibu hamil yang akan melahirkan dan terpapar COVID-19," pungkas Glory.

Baca Juga: Peluang Budidaya Lele di Bantul Masih Sangat Menjanjikan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya