Trans Jogja Palbapang-Malioboro Diresmikan, Siap Antar ke Bantul-Jogja

Jalur ini kilas balik transportasi tahun 1895

Bantul, IDN Times - ‎Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X meresmikan rute baru bus Trans Jogja jurusan Palbapang - Malioboro di Terminal Palbapang, Kamis (3/11/2022). Bus dengan rute ini pertama kali dimulai tanggal 1 November 2022.

1. Trans Jogja telah melayani selama 14 tahun

Trans Jogja Palbapang-Malioboro Diresmikan, Siap Antar ke Bantul-JogjaWagub DIY, Sri Paku Alam X.(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X mengatakan transportasi Trans Jogja telah dimulai sejak tahun 2008 lalu. Selama 14 tahun, Pemda DIY memberikan subsidi angkutan umum perkotaan melalui APBD DIY. 

"Pemberdayaan kawasan selatan dirumuskan dengan mengoptimalkan dukungan infrastruktur dan peningkatan SDM serta pengelolaan sumber daya alam," ujar  Paku Alam X.

2. Rekoneksi Palbapang-Ngabean kilas balik sejarah tahun 1895 silam‎

Trans Jogja Palbapang-Malioboro Diresmikan, Siap Antar ke Bantul-JogjaTrans Jogja Jalur Palbapang-Malioboro.(IDN Times/Daruwaskita

Rekoneksi antara Palbapang yang berada di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Ngabean yang berada di pusat Kota Yogyakarta menjadi kilas balik sejarah tahun 1895 silam. Kedua wilayah ini mempunyai stasiun kereta api yang menghubungkan Yogyakarta–Bantul dan menjadi bagian dari trase kereta api lintas Yogyakarta–Srandakan–Sewugalur.

"Hari ini, sejarah konektivitas Jogja-Bantul seperti 127 tahun lalu berulang, dengan hadirnya jalur layanan Bus Trans Jogja koridor Palbapang-Malioboro. Rekoneksi ini diharapkan dapat mendukung mobilitas masyarakat Kabupaten Bantul menuju Kota Yogyakarta dan sebaliknya," paparnya

 

Baca Juga: Asyik, Mulai Besok Trans Jogja Layani Rute Palbapang - Malioboro  

3. Maraknya kendaraan pribadi tak sebanding dengan infrastruktur yang ada‎

Trans Jogja Palbapang-Malioboro Diresmikan, Siap Antar ke Bantul-JogjaBupati Bantul Abdul Halim Muslih.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan layanan transportasi ini dapat mendorong masyarakat untuk mengurangi transportasi pribadi. Diketahui saat ini kendaraan pribadi semakin banyak dan tidak sebanding dengan infrastruktur jalan

"Kehadiran Trans Jogja ini akan mencukupi kebutuhan transportasi bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu kehadiran Trans Jogja diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan membantu mendekatkan wisatawan ke sejumlah destinasi di Bantul. Salah satunya adalah sentra gerabah Kasongan.

Baca Juga: Imbas BBM Naik, Jam Operasional Trans Jogja Akan Dikurangi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya