Razia di SMA 1 Kretek Bantul, 31 Sepeda Motor Siswa Langgar Aturan

Siswa yang melanggar diminta tidak mengulangi

Bantul, IDN Times - ‎Jajaran Polsek Kretek, Kabupaten Bantul, melakukan inspeksi mendadak atau sidak serta razia ke parkiran SMAN 1 Kretek pada Selasa (10/10/2023). Sidak ini dilakukan guna memastikan kendaraan sepeda motor yang digunakan oleh siswa tidak menyalahi aturan.

Hasilnya terdapat 31 kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Sepeda motor yang melanggar selanjutnya dipisahkan dengan kendaraan bermotor lainnya.

1. Sepeda motor tak dilengkapi spion, pelat nomor polisi, hingga pakai knalpot blombongan

Razia di SMA 1 Kretek Bantul, 31 Sepeda Motor Siswa Langgar AturanPolisi razia sepeda motor milik siswa SMAN 1 Kretek. (Dok. Polres Bantul)

Kapolsek Kretek, AKP Haryanto mengatakan sasaran sepeda motor milik siswa yakni tidak dilengkapi spion, pelat nomor polisi, hingga menggunakan knalpot blombongan.

"Kita ingin memastikan sepeda motor sesuai dengan spesifikasinya dan memang kita temukan ada 31 sepeda motor tidak sesuai spesifikasinya," ujarnya.

2. Siswa membuat surat pernyataan tak ulangi perbuatan lagi‎

Razia di SMA 1 Kretek Bantul, 31 Sepeda Motor Siswa Langgar AturanPolisi razia sepeda motor milik siswa SMAN 1 Kretek.(Dok.Polres Bantul)

Siswa yang memiliki sepeda motor tidak sesuai dengan spesifikasinya kemudian diminta untuk melengkapinya seperti spion, mengganti knalpot blombongan dengan knalpot aslinya.

"Siswa kita minta membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi dan melengkapi atribut sepeda motor," ungkap Haryanto.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pembuat Miras Oplosan di Srandakan Bantul

3. Razia ke parkiran sekolah untuk menekan angka kecelakaan

Razia di SMA 1 Kretek Bantul, 31 Sepeda Motor Siswa Langgar AturanPolisi razia sepeda motor milik siswa SMAN 1 Kretek. (Dok. Polres Bantul)

Lebih lanjut AKP Haryanto mengatakan sidak dan razia sepeda motor di parkiran sekolah ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang selama ini didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor.

"Kita juga mengantisipasi adanya kenakalan remaja," pungkasnya.‎

Baca Juga: Pekerja Bangunan Temukan Kerangka Manusia‎ saat Gali Tanah di Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya