Puan Maharani Salurkan PIP Untuk 1.260 Siswa di Bantul

Masih ada anak usia sekolah tidak sekolah karena miskin

Bantul, IDN Times - ‎Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyalurkan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 1.260 siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Bantul. Program tersebut disalurkan melalui anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta DIY, HM Idham Samawi.

1. PIP diharapkan bisa mencerdaskan generasi penerus bangsa‎

Puan Maharani Salurkan PIP Untuk 1.260 Siswa di BantulAnggota DPR RI, Idham Samawi. (IDN Times/Daruwaskita)

Penyaluran PIP secara simbolis dilakukan di Gedung Gapendi, Bantul, pada Minggu (4/9/2022). Acara tersebut dihadiri oleh siswa dan orangtua penerima PIP. Siswa dan para orangtua tampak antusias dengan PIP yang diberikan satu tahun sekali ini.

"Dengan PIP ini diharapkan sanggup mencerdaskan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang," ujar Idham Samawi.

Baca Juga: Undi Nomor Urut, Ini Harapan Calon Lurah Pilur Bantul 2022

2. PIP harus digunakan sesuai peruntukannya‎

Puan Maharani Salurkan PIP Untuk 1.260 Siswa di BantulIlustrasi guru mengajar.(IDN Times/Daruwaskita)

Idham mengingatkan orangtua siswa agar bantuan dari pemerintah ini dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya yakni keperluan sekolah mulai dari membayar SPP, membeli buku pelajaran. Jangan sekali-sekali PIP digunakan untuk membeli rokok oleh orangtuanya.

"Kalau kita ini bodoh ndak papa, namun anak-anak kita harus cerdas,"tegas Mantan Bupati Bantul dua periode ini.

Menurut Idham, PIP adalah bagian dari program Presiden Joko Widodo dalam rangka melaksanakan cita-cita proklamasi yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Di mana pada kenyataannya masih banyak ditemui anak usia sekolah yang tidak mengenyam pendidikan atau putus sekolah karena orangtuanya tidak mampu.

"Program Pak Jokowi yang tadi mengamalkan cita-cita kemerdekaan bangsa yakni agar anak usia sekolah tetap bisa sekolah. Nah ini aspirasnya Ketua DPR RI, Ibu Puan Maharani disalurkan ke Bantul melalui saya," ungkapnya.

"Selain PIP untuk jenjang anak SD, SMP dan SMA sederajat, pemerintah juga mengucurkan program Kartu Indonesia Pintar untuk yang kuliah," imbuhnya.

3. Pemkab Bantul apresiasi penyaluran PIP kepada siswa di Bantul

Puan Maharani Salurkan PIP Untuk 1.260 Siswa di BantulWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul sekaligus Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo, mengatakan ia mewakili Pemkab Bantul memberikan apresiasi kepada anggota DPR RI Idham Samawi yang sudah banyak membantu masyarakat Bantul terutama dengan aspiranya yakni membangun infrastruktur hingga penyaluran PIP.

"Terima kasih kepada Pak Idham yang telah menyalurkan PIP dari aspiranya Ibu Puan Maharani kepada siswa yang ada di Bantul," ujarnya.‎

Baca Juga: Padukuhan Gunting Bantul Diresmikan sebagai Eduwisata Pembatik Cilik

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya