Padukuhan Gunting Bantul Diresmikan sebagai Eduwisata Pembatik Cilik

300 pelajar bersama-sama membatik

Bantul, IDN Times - ‎‎Kabupaten Bantul saat ini mempunyai destinasi eduwista pembatik cilik yang terletak di Padukuhan Gunting yang berada di Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak.  

 

1. 100 warga Padukuhan Gunting menjadi pembatik‎

Padukuhan Gunting Bantul Diresmikan sebagai Eduwisata Pembatik CilikGenerasi muda dilatih membatik.(IDN Times/Daruwaskita)

Kadus Gunting, Tumilan mengatakan latar belakang Padukuhan Gunting sebagai destinasi eduwisata pembatik cilik lantaran di tempat ini sebagai tempat pelatihan membatik kepada generasi muda, baik pekajar SD hingga SMP selama empat tahun terakhir.

"Di Padukuhan Gunting ini 100 warganya menekuni batik, diharapkan nantinya ada generasi penerus yang melestarikan batik di Padukuhan Gunting bahkan bisa meluas ke daerah lainnya," katanya, Kamis (1/9/2022).

2. Materi pelajaran membatik dimasukkan dalam kurikulum‎

Padukuhan Gunting Bantul Diresmikan sebagai Eduwisata Pembatik CilikGenerasi muda dilatih membatik.(Dok.IDN Times/Daruwaskita)

Untuk mengajak pelajar mau belajar membatik, setiap sekolah akan diberikan materi pembelajaran membuat batik. "Pelestarian batik semakin luntur saat ini dibangkitkan melalui anak-anak di sekolah dengan kurikulum merdeka diberikan materi pembelajaran terkait batik agar menjadi generasi pembatik dimasa  yang akan datang," ungkapnya.

Baca Juga: Wisata Kano Hutan Mangrove, Tempat Piknik Baru Pantai Selatan Bantul

3. Destinasi Eduwisata Pembatik Cilik Pandak selaras dengan misi Gubernur DIY

Padukuhan Gunting Bantul Diresmikan sebagai Eduwisata Pembatik CilikLurah, Gilangharjo, Drs. Pardiyono .(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Lurah, Gilangharjo, Drs. Pardiyono mengatakan peresmian eduwisata ini selaras dengan visi dan misi Gubernur DIY yaitu mereformasi kalurahan yang diharapkan dapat memajukan perekonomian warga. 

"Launching Padukuhan Gunting ini melanjutkan keistimewaan Yogyakarta di masa depan,  menjadi titik awal untuk mewujudkan salah satu misi Gubernur DIY, Sri Sultan HB X," ucapnya.

Baca Juga: 7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya