Ditinggal Proker, Posko Mahasiswa KKN di Bantul Disatroni Maling

Pencuri menggasak 3 unit laptop milik mahasiswa

Bantul, IDN Times - Pencuri menyatroni posko mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Padukuhan Bungsing, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, pada Senin (24/7/2023). Tiga unit laptop milik mahasiswa raib dicuri sehingga para korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

1. Kronologi pencurian laptop milik mahasiswa KKN

Ditinggal Proker, Posko Mahasiswa KKN di Bantul Disatroni MalingKasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan aksi pencurian itu terjadi saat para mahasiswa dari salah satu universitas di Yogyakarta meninggalkan posko KKN untuk melaksanakan kegiatan di SD Negeri 1 Iroyudan, Kapanewon Pajangan pada Senin sekira pukul 09.30 WIB.

"Posko KKN ditinggalkan dalam keadaan tidak terkunci," kata Jeffry, Selasa (25/7/2023).

Padahal di dalam posko KKN itu terdapat sejumlah barang berharga seperti laptop. "Saat kembali ke posko itu mahasiswa KKN mendapati tiga unit laptop hilang," ungkap Jeffry.

Kemudian salah satu mahasiswi KKN itu melapor ke Polsek Pajangan. Polisi juga telah melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

2. Pintu rumah dalam kondisi tidak terkunci

Ditinggal Proker, Posko Mahasiswa KKN di Bantul Disatroni MalingPosko mahasiswa KKN di Pajangan Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Diduga pelaku masuk ke dalam rumah melewati pintu samping dalam keadaan tertutup namun tidak dikunci. Jeffry mengaku, polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. 

"Saat ini masih dalam tahap penyelidikan, semoga kasus ini bisa segera terungkap," ujarnya.

Kasus pencurian laptop di Pajangan, merupakan kasus ke sekian kalinya yang menimpa mahasiswa KKN di Bantul. 

Baca Juga: Pengendara di Bawah Usia Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas Bantul

3. Sebelumnya empat unit laptop milik mahasiswa KKN juga raib digasak maling

Ditinggal Proker, Posko Mahasiswa KKN di Bantul Disatroni MalingIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, kasus serupa juga terjadi di Kapanewon Sanden, tepatnya pada Rabu (1/3/2023) lalu yang menimpa mahasiswa KKN dari salah satu universitas swasta di Yogyakarta.

Saat itu, empat unit laptop dan uang tunai Rp 500 ribu milik mahasiswa yang sedang KKN di Pedukuhan Kalimundu, Kalurahan Gadingharjo, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, raib dicuri.

“Kami mengimbau kepada para mahasiswa yang melakukan KKN, agar berhati-hati dalam menyimpan barang-barang berharga miliknya, terutama saat ditinggal beraktivitas di luar posko. Kami juga mengingatkan panitia KKN untuk memperhatikan keamanan para mahasiswa serta barang berharga miliknya demi kenyamanan dalam kegiatan KKN, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Baca Juga: 2 Warga Sitimulyo Piyungan Bantul Jadi Korban Klitih

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya