Pernikahan Unik, Digelar di Kolam Ikan dan Mahar 2 Kilogram Cabai

Pengantin dikirab bawa gambar capres

Bantul, IDN Times - ‎Acara pernikahan unik digelar di Kabupaten Bantul. Tiga pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan bersama di Joglo Khasanah, Jalan Wonosari KM 7,5, Padukuhan Mantup, Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul pada Selasa (22/11/2023) membawa poster pemilu damai dengan gambar capres-cawapres dan free Palestina.‎

‎Ketiga pasang pengantin yakni Rossa-Slamet Ardiyanto, Diananingsih-Jan Wari Nugroho serta Sri Muryani-Apri Wahyudi dikirab dengan diiringi lagu Padamu Negeri dan gending jawa. Mereka diarak di sepanjang Jalan Wonosari menuju acara pernikahan dengan cucuk lampah bergodo prajurit. Mereka juga diiringi para perias yang berbusana unik sesuai kontestan capres-cawapres.

1. Mahar pengantin dua kilogram cabai hingga alat salat

Pernikahan Unik, Digelar di Kolam Ikan dan Mahar 2 Kilogram CabaiPasangan pengantin menikah di kolam ikan terapi.(Dok.Diskominfo Bantul)

Ketua Fortais Indonesia dan Nikah Bareng Nasional, Ryan Budi Nuryanto mengatakan pernikahan tiga pasangan pengantin ini dengan mahar dua kilogram cabai, cincin perak dua gram dan alat salat. Prosesi ijab qabul dipimpin oleh Kepala KUA Banguntapan Ngatijan. Sedangkan tempat ijab di dalam kolam ikan terapi yang mengandung filosofi baik dalam pemilu dan pernikahan harapannya akan mendapatkan kesenangan/ kebahagian dan kesehatan bukan malah sebaliknya.

"Sedangkan mahar cabai dan ubo rampe lainnya seperti beras, garam, kecap punya makna selalu bersama, di mana tampah sebagai tempat mahar mengandung makna sebagai penyaring nilai kebijakan,"katanya.

2. Sudah 160 ribu pasangan pengantin nikah bareng sejak digelar tahun 2006 silam

Pernikahan Unik, Digelar di Kolam Ikan dan Mahar 2 Kilogram CabaiPasangan pengantin menikah di kolam ikan terapi.(Dok.Diskominfo Bantul)

Lebih lanjut Ryan mengatakan nikah bareng 'golek bojo' telah digelar sejak tahun 2006. Hingga saat ini, Ryan mengklaim  sudah ada 160.000 pasangan pengantin yang dinikahkan secara gratis.

"Saya bahkan juga termasuk salah satu pasangan pengantin yang ikut nikah bareng," ucapnya.

Baca Juga: Dishub Bantul Setop Bengkel Produksi Kereta Kelinci

3. Pasangan pengantin mengaku senang dengan konsep pernikahan

Pernikahan Unik, Digelar di Kolam Ikan dan Mahar 2 Kilogram CabaiPasangan pengantin menikah di kolam ikan terapi.(Dok.Diskominfo Bantul)

Sementara itu salah satu pasangan pengantin Rossa dan Ardiyanto mengaku senang. Pasalnya, konsep pernikahannya unik dan turut mengajak serta generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Cukup senang, ini rangkaian pernikahan mulai dari kirab dengan membawa gambar capres-cawapres, ajakan pemilu damai hingga menikah di kolam ikan terapi," katanya.

4. Turut berbahagia atas digelarnya nikah bareng tiga pasangan pengantin

Pernikahan Unik, Digelar di Kolam Ikan dan Mahar 2 Kilogram CabaiWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo.(Dok.Diskominfo Bantul)

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut hadir dalam acara nikah bareng menyampaikan terima kasih serta turut berbahagia atas terselenggaranya kegiatan nikah bareng tiga pasangan pengantin ini.

"Ini adalah bagian penting wujud dari syiar untuk melaksanakan perintah agama. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul kami turut berbahagia dan semoga kegiatan ini dapat membawa kebahagian bagi kita bersama," katanya.‎

Baca Juga: Ratusan Santri di Bantul Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya