Parangtritis dan Gua Cerme Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Idul Adha

Antisipasi kemacetan, Dishub Bantul terjunkan 50 petugas

Bantul, IDN Times - Jumlah wisatawan yang berlibur di Bantul saat hari raya Idul Adha pada Kamis (29/6/2023), mencapai 15.443 orang. Jumlah tersebut mampu memberikan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp149, 7 juta.

 

1. Terbanyak wisatawan pergi ke Parangtritis dan Gua Cerme

Parangtritis dan Gua Cerme Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Idul AdhaTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan tempat wisata terbanyak di Bantul yang paling banyak dikunjungi saat libur Idul Adha adalah Pantai Parangtritis dan Gua Cerme. 

Menurutnya jika ditambah objek wisata yang dikelola oleh masyarakat, maka jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bumi Projotamansari bisa mencapai dua kali lipat.

"Kita (Pemkab Bantul) hanya mengelola objek wisata pantai, Gua Selarong dan Cerme saja," ungkapnya.

 

2. Tak ada gelaran atraksi wisata saat libur Idul Adha

Parangtritis dan Gua Cerme Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Idul AdhaIlustrasi kunjungan wisatawan.(IDN Times/Daruwaskita)

Meski tidak ada atraksi wisata yang digelar oleh Dinas Pariwisata Bantul, pria yang disapa akrab Ipung ini mengaku tetap optimis kunjungan wisatawan terus meningkat hingga akhir pekan. Sebab selain libur Idul Adha, ada cuti dan libur panjang sekolah.

"Kami tetap optimistis kunjungan wisata di Bantul saat akhir pekan di  atas 15 ribu orang," ungkapnya.

 

Baca Juga: Ratusan Hewan Kurban di Bantul Mengandung Cacing Hati

3. Antisipasi kemacetan, Dishub Bantul terjunkan 50 petugas

Parangtritis dan Gua Cerme Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Idul AdhaSuasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Bantul, Singgih Riyadi mengatakan selama libur Idul Adha, cuti bersama pihaknya menerjunkan 50 petugas yang ditempatkan pada ruas jalan yang rawan kemacetan.

"Kalau Jalan Parangtritis mengalami kepadatan, maka arus baliknya bisa dipecah melalui Jembatan Kretek 2 menuju ke Jalan Samas," ujarnya.

Baca Juga: Pesona Jembatan Kretek 2, Siap Diresmikan Presiden Joko Widodo

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya