Operasi Zebra, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Bantul Ditilang

‎Mayoritas pelanggar pengendara sepeda motor

Bantul, IDN Times - ‎Selama berlangsungnya Operasi Zebra Progo 2023, yang digelar dari tanggal 4-17 September 2023, ada ribuan pelanggar lalu lintas yang mendapatkan tilang dan teguran dari petugas Satlantas Polres Bantul. Pelanggar didominasi oleh pengendara sepeda motor.

1. Ada 3.440 pelanggar yang ditilang‎

Operasi Zebra, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Bantul DitilangKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jefrry. (Dok. Istimewa)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, merinci jumlah pengendara kendaraan motor yang menerima tilang dari petugas mencapai 3.440 pelanggar. Selain itu, dilakukan pula teguran simpatik terhadap 7.343 pelanggar.

"Bagi pelanggar yang terkena tilang melaksanakan sidang di tempat. Sebab saat berlangsung razia dihadirkan petugas dari hakim dan jaksa," katanya, Selasa (19/9/2023).

2. Pengendara yang paling banyak melanggar lalulintas‎

Operasi Zebra, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Bantul DitilangOperasi Zebra Progo 2023 Polres Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Menurut Jeffry, angka pelanggaran tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua dengan jenis pelanggaran paling banyak adalah kelengkapan berkendara. Selain itu, juga ada yang melanggar marka jalan, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI, serta melanggar APILL.

"Ada juga yang tidak membawa STNK, SIM, dan juga STNK sudah mati pajaknya," katanya. "Untuk pengendara yang melakukan pelanggaran bervariasi mulai dari karyawan swasta, pelajar hingga ASN."

Baca Juga: Ini Motif Ojol di Bantul Nekat Bawa Lari 2 iPhone

3. Terjadi 98 kecelakaan lalu lintas selama operasi digelar‎

Operasi Zebra, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Bantul DitilangIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Lebih lanjut, Jeffry mengatakan selama digelar operasi tercatat terjadi 98 kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia satu orang dan 121 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Kerugian material mencapai Rp46,1 juta," ungkapnya.

Meski operasi telah selesai namun jajaran Satlantas Polres Bantul akan tetap mengintensifkan patroli, menegakkan aturan keselamatan dan ketertiban berlalu-lintas.

"Kami selalu menghimbau pengendara tetap mematuhi aturan lalu-lintas, melengkapi surat-surat berkendara, menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan knalpot brong," pungkasnya.‎

Baca Juga: Dijanjikan Jadi ASN Sipir, Warga Bantul Tertipu Ratusan Juta

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya