Natal 2022 Jadi Momentum untuk Bangkit dari Pandemik

Hal-hal yang baik selama pandemik harus dipertahankan

Bantul, IDN Times - ‎Ribuan umat Katolik mengikuti misa malam Natal di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY), Ganjuran, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul pada Sabtu (24/12/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Romo Paroki Gereja HKTY Ganjuran, Rm. R Sugihartanto mengatakan perayaan misa Natal tahun 2022 ini merupakan momentum untuk bangkit dari pandemik COVID-19.

"Selain kita merayakan kelahiran Tuhan Yesus, namun semangat kita, jiwa kita lahir kembali karena saat pandemik yang lalu menimbulkan frustrasi yang luar biasa," ucapnya, Sabtu (24/12/2022) malam.

1. Hal-hal yang baik selama pandemik harus terus dilanjutkan‎

Natal 2022 Jadi Momentum untuk Bangkit dari PandemikUmat tetap menjakankan prokes.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya pada saat pandemik ada hal-hal yang baik saat pendemik yakni semangat menolong, semangat kepedulian, kerelaan untuk berkoban bukan hanya tenaga namun juga materi yang disumbangkan untuk saudara-saudara yang sedang sakit COVID-19.

"Hal-hal yang baik-baik itu bisa dikembangkan untuk kehidupan bersama berbangsa dan bernegara. Kan kemarin ketika ada orang sakit semuanya dibantu tanpa mengenal mengenal agamanya apa. Maka pertolongan yang terjadi di RT atau RW dan umat katolik yang membantu sesama terus dikembangkan ke depannya," ungkapnya.

Memontum Natal tahun ini bagi umat katolik khususnya merupakan tonggak untuk bangkit dari pandemik dengan tetap mempertahankan budaya yang baik selama pandemik dan juga menerapkan perubahan-perubahan baru selama pandemik.

"Makanya tema Natal kali ini sangat pas yakni 'Mereka Kembali ke Negerinya Melalui Jalan Yang Lainnya," tandasnya.

Baca Juga: Sisir Gereja di Bantul, Tim Gegana Dibantu Anjing Pelacak

2. Satuan Brimob Polda DIY dan petugas keamanan jaga ketat Gereja HKTY Ganjuran‎

Natal 2022 Jadi Momentum untuk Bangkit dari PandemikMisa Natal di Gereja HKTY Ganjuran.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Dari pantauan di lapangan, umat yang mengikuti misa malam Natal di Gereja HKTY Ganjuran tidak hanya berasal dari wilayah paroki setempat, tetapi juga umat dari paroki lainnya, termasuk peziarah.

Petugas dari Sat Brimob Polda DIY dibantu oleh Polres Bantul, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul tampak memantau umat yang memasuki Gereja HKTY Ganjuran. 

Setiap umat diwajibkan untuk mengukur suhu badan dan melakukan scan barcode bagi umat Paroki Gereja HKTY Ganjuran. Petugas juga tampak memeriksa isi tas dari para jemaat yang akan mengikuti misa malam Natal.

3. Ibadah malam Natal berjalan lancar‎

Natal 2022 Jadi Momentum untuk Bangkit dari PandemikWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo, mengatakan pelaksanaan ibadah malam Natal di Bantul berjalan cukup lancar dan aman. Umat nasrani dapat menjalankan ibadahnya dengan hikmat berkat sinergi semua pihak untuk pengamanan pelaksanaan perayaan Natal.

"Semoga Natal membawa berkah bagi semua masyarakat di Bumi Projotamansari. Selamat hari Natal bagi saudara-saudara umat kristiani di Bantul," kata dia.

Baca Juga: Catat, Acara Perayaan Pergantian Tahun Baru di Jogja!

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya