Catat, Acara Perayaan Pergantian Tahun Baru di Jogja!

Malioboro dan Tugu Jogja tidak ada perayaan tahun baru

Yogyakarta, IDN Times - Sambut pergantian tahun baru, Dinas Pariwisata (Dinpar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak menggelar acara di pusat Kota Yogyakarta.

Acara akan dipusatkan di empat kabupaten di DIY sebagai upaya penyebaran kunjungan wisatawan dan pemerataan ekonomi. "Jadi untuk di Kota Yogyakarta, event yang menyelenggarakan adalah hotel," ujar Kepala Dinpar DIY, Singgih Raharja, Jumat (23/12/2022).

1. Event di Bantul dan Gunungkidul

Catat, Acara Perayaan Pergantian Tahun Baru di Jogja!Pantai Baron, Pantai di Gunungkidul (piknikwisata.com)

Di Kabupaten Bantul, ada empat event menyambut pergantian tahun. Pertama, pesta kembang api dan akustik di Gunung Wangi Piyungan dan Puncak Sosok. Lalu ada pesta kembang api & Koesplus-an di Bojong Ari Depok, dan Pantai Goa Cemara ada pesta kembang api dan electone.

Kabupaten Gunungkidul acara Wediombo Breeze #4 di Pantai Wediombo, pesta kembang api, akustik dan angkringan di rest area Cingkrang Tepus. Kemudian ada perayaan malam tahun baru di Bundaran Siyono, senam massal dan organ tunggal di Pantai Baron, dan pesta kembang api di Baron Light House.

2. Event di Kulon Progo dan Sleman

Catat, Acara Perayaan Pergantian Tahun Baru di Jogja!Objek wisata Kaliurang di Sleman. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara untuk Kabupaten Kulon Progo ada dua event yang digelar, pertama pentas musik dan kembang api di Sermo, dan pementasan wayang di Alun-Alun Wates.

Semenatara di Sleman terdapat 11 event, yaitu Watu Tapak ada special new year eve camp. Tlogo Putri Kaliurang ada pentas campursari embun laras, pentas neokustik band, pentas turonggo kencono mudho, dan pentas jathilan turonggo prono jati.  Lalu di Lapangan Parkir Watu Purbo ada senam massal dan bazar UMKM.

"Di Gardu Pandang Kaliurang dua event yaitu pentas kubro roso siswo dan pentas OM Romansa. Kemudian di Tebing Breksi, New Year's Eve Dinner & Camp dan Tebing Breksi Gumebyar 2023," terang Singgih. 

Baca Juga: Daftar Jalur Alternatif Menuju Jogja, Hati-hati di Jalan! 

Baca Juga: Promo Makan di Jogja saat Libur Nataru 2023, Bikin Puas!

3. DIY dibanjiri wisatawan

Catat, Acara Perayaan Pergantian Tahun Baru di Jogja!Ilustrasi kamar hotel (commons.wikimedia.org/j o)

Diperkirakan pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), DIY akan dibanjiri wisatawan. DIY yang memiliki 191 Daya Tarik Wisata (DTW) di lima Kabupaten/Kota, dan terdapat 153 desa atau kampung wisata siap dikunjungi wisatawan.

"Okupansi hotel pada 23 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023 rata-rata mencapai 85 persen, khusus di kawasan tengah atau ring 1 mencapai 95 persen," ujar Singgih.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Glamping di Jogja untuk Libur Tahun Baru, Seru!

Baca Juga: Pengelola Wisata hingga Mal Jogja, Diminta Aktifkan PeduliLindungi   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya