Libur Sekolah, Objek Wisata di Bantul Kebanjiran Pengunjung

Kunjungan turis akan terus meningkat hingga tahun baru

Bantul, IDN Times - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul pada pekan kedua bulan Desember (4-10/12/2023) mencapai 88.788 orang dan meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp862 juta.

Jumlah kunjungan wisata ke Bumi Projotamansari ini naik 124 persen dibandingkan pekan sebelumnya (27 November-3 Desember 2023) dengan angka 36.468 wisatawan dan pemasukan PAD mencapai Rp351 juta.

"Kunjungan wisatawan pada pekan kedua bulan Desember ini memang sudah terlihat kedatangan turis ke Bantul meningkat tajam," kata Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, Selasa (19/12/2023).

1. Faktor-faktor penyebab kunjungan turis naik

Libur Sekolah, Objek Wisata di Bantul Kebanjiran Pengunjungilustrasi bus pariwisata (unsplash.com/jalalkelink)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, kunjungan wisatawan yang meningkat ini bersamaan dengan sekolah yang mulai libur semester genap. Selain itu, ada ritual malam Jumat Kliwon yang bersamaan dengan pentas sendratari Sang Ratu di kawasan Pantai Parangkusumo.

"Namun, faktor utama pendongkrak kunjungan wisata yakni sudah dimulainya libur sekolah semester genap," ucapnya.

2. Kunjungan wisatawan akan terus meningkat hingga tahun baru

Libur Sekolah, Objek Wisata di Bantul Kebanjiran PengunjungTPR Induk Pantai Parangtritis l. (IDN Times/Daruwaskita)

Ipung mengaku kunjungan wisatawan akan terus meningkat bersamaan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2024 yang akan datang.

"Kunjungan wisatawan akan terus meningkat terutama wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis yang menjadi destinasi paling favorit dikunjungi di Bantul," tuturnya.

Baca Juga: Sultan Sebut Kawasan Obwis Watu Gagak Bantul Tampak Kumuh

3. Wisatawan diingatkan tak mandi di laut yang terdapat palung

Libur Sekolah, Objek Wisata di Bantul Kebanjiran PengunjungIlustrasi proses evakuasi wisatawan yang tenggelam di Pantai Parangtritis. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah III)

Lebih jauh, bagi wisatawan yang akan datang ke Pantai Parangtritis jika ingin perjalanan lancar tidak harus melalui Jalan Parangtritis namun bisa melalui Jalan Samas atau Jalan Pandansimo.

"Bagi wisatawan, kita mengimbau agar tidak mandi di laut apalagi mandi pada daerah yang terdapat palungnya karena sangat berbahaya. Patuhilah imbauan dan peringatan dari petugas SAR yang sedang berjaga," pungkasnya. 

Baca Juga: Jalur Cinomati Rawan Kecelakaan, Bantul Tambah Rambu Peringatan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya