Jalur Cinomati Rawan Kecelakaan, Bantul Tambah Rambu Peringatan

Bupati ingin jalur Cinomati dihapus dari Google Maps

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul memperbanyak rambu lalu lintas di Jala Cinomati. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, hal ini dilakukan agar kejadian kecelakaan tidak terulang kembali. 

 

 

1. Hilangkan jalur Cinomati dari Google Maps

Jalur Cinomati Rawan Kecelakaan, Bantul Tambah Rambu PeringatanBupati Bantul Abdul Halim Muslih.(IDN Times/Daruwaskita)

Abdul Halim Muslih mengatakan, pasca kecelakaan di Cinomati yang merenggut satu nyawa dan belasan penumpang terluka, ia meminta wisatawan tidak melalui jalur ini.

"Pertama saya perintahkan agar memperbanyak rambu-rambu peringatan di jalur Cinomati. Kedua, hapus saja jalur Cinomati dari Google Maps. Harapan saya ketika jalur Cinomati tidak ada dalam Google Maps, maka wisatawan tidak akan melalui jalur Cinomati," ujarnya. 

2. Peringatan sebagai daerah berbahaya

Jalur Cinomati Rawan Kecelakaan, Bantul Tambah Rambu PeringatanTruk terguling di Jalan Cinomati Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Bupati Bantul menambahkan, jika penghapusan di Google Maps tidak dapat dilakukan, ia meminta adanya tulisan peringatan area berbahaya di Jalan Cinomati.  "Itu mungkin opsi tambahan jika jalur Cinomati tidak bisa dihapus dari Google Maps," ujarnya.

Baca Juga: Polres Bantul Larang Kendaraan Besar Melintas di Jalur Cinomati

3. Dinas Perhubungan Bantul pasang rambu di kawasan Cinomati

Jalur Cinomati Rawan Kecelakaan, Bantul Tambah Rambu PeringatanKepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi mengatakan, sudah melaksanakan dua perintah Bupati Bantul yakni memasang rambu-rambu di jalur Cinomati.

"Kita sudah survei lokasi mana saja yang kurang rambu-rambu kita pasang. Kalau ada tikungan tajam, tanjakan dan turunan kita pasang rambu-rambu agar lebih berhati-hati," ucapnya.

Selanjutnya untuk menghapus jalur Cinomati dari Google Maps, sesuai keterangan Diskominfo Bantul, hal tersebut tidak bisa dilakukan. "Google Maps dikelola oleh provider. Sehingga langkah yang dimungkinkan adalah menambahkan keterangan bahwa jalur Cinomati sangat berbahaya untuk dilalui dan rawan kecelakaan," pungkasnya.  

Baca Juga: Mobil Masuk Jurang di Cinomati Bantul, 1 Tewas dan 9 Terluka

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya