Comscore Tracker

Libur Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 42 Persen

Gelombang pasang tak berdampak pada kunjungan wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul selama libur sekolah kembali meningkat. Dalam satu pekan terakhir, terhitung 20-26 Juni 2022, jumlah wisatawan meningkat 42 persen dibandingkan pekan sebelumnya (13-19/6/2022). 

Baca Juga: Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  

1. Kunjungan wisatawan pada 20-26 Juni 2022 tembus 66.244 orang‎

Libur Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 42 PersenIlustrasi wisatawan di pantai selatan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Bantul, jumlah wisatawan yang berkunjung pada 13-19 Juni 2022 mencapai 45.493 orang. Angka tersebut mampu memberikan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PMD) sebesar Rp450, 2 juta. Sedangkan kunjungan wisatawan pada 20-26 Juni 2022 mencapai 66.244 orang dengan pemasukan PAD sebanyak Rp644,3 juta.

"Kunjungan wisatawan pada akhir pekan kemarin di bandingkan satu pekan sebelumnya mengalami kenaikan hingga 42 persen," kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (27/6/2022).

2. Pantai Parangtritis masih jadi destinasi favorit

Libur Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 42 PersenWisatawan Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, kawasan objek wisata Pantai Parangtritis masih menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Kendati pada sepekan terakhir ini terdapat peringatan adanya gelombang pasang hingga enam meter di kawasan pantai selatan Bantul.

"Pada libur akhir pekan 24-26 Juni 2022, Pantai Parangtritis dikunjungi lebih dari 59 ribu wisatawan," ucapnya.

Ramainya kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis kata Ipung, tak lain karena berbarengan dengan musim libur sekolah. Dengan demikian, dapat dipastikan kunjungan wisatawan terbanyak adalah rombongan pelajar yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Ya faktor utama kunjungan meningkat karena libur sekolah," ucapnya.

3. Objek wista diprediksi tetap ramai hingga dua pekan ke depan

Libur Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 42 PersenAtlet surfing berlaga di Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Ipung memprediksi kunjungan wisatawan khususnya ke pansela Bantul masih akan ramai hingga berakhirnya musim liburan sekolah dua pekan yang akan datang.

"Sebagian besar anak kembali belajar tanggal 11 Juli 2022 sehingga dua pekan kedepan kunjungan wisatawan ke Bantul masih akan ramai," ucapnya.‎

Baca Juga: Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya