Comscore Tracker

Usai Libur 1 Suro, Kunjungan Turis ke Bantul Turun 31 Persen

Wisata kano hutan mangrove tempat piknik baru di Bantul

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul sepanjang akhir pekan kemarin (5--7/8/2022) mencapai 26.259 orang. Sementara, total kunjungan selama satu pekan pada 1--7 Juli 2022 mencapai 36.315 orang yang mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp352 juta.

1. Libur 1 Suro dongkrak kunjungan wisatawan ke Bantul‎

Usai Libur 1 Suro, Kunjungan Turis ke Bantul Turun 31 PersenIlustrasi bus wisata ke Pantai Depok.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan jumlah kunjungan pada pekan kemarin menurun hingga 31 persen dibandingkan pekan sebelumnya (25--31/8/2022) yang mencapai 52.864 orang dengan PAD mencapai Rp513 juta.

"Kunjungan wisatawan pekan kemarin memang menurun hingga 31 persen dibandingkan dua pekan yang lalu. Sebab pada akhir pekan ada libur peringatan 1 Suro," ucapnya pada Senin (8/8/2022).‎

Baca Juga: Wisata Kano Hutan Mangrove, Tempat Piknik Baru Pantai Selatan Bantul

2. Meski turun, kunjungan wisatawan selama satu pekan masih di angka 20 ribuan

Usai Libur 1 Suro, Kunjungan Turis ke Bantul Turun 31 PersenIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengaku, kunjungan wisata pascalibur panjang sekolah mengalami penurunan. Kendati, akhir pekan masih akan tetap ramai dengan kisaran kunjungan wisatawan di angka 20 ribu orang.

"Ini sudah rutinitas tahunan. Kunjungan wisatawan ramai saat libur Idul Fitri, liburan sekolah dan libur Natal dan tahun baru. Ada momen tertentu khususnya kunjungan wisata di pantai akan ramai seperti peringatan malam 1 Suro, festival layang-layang hingga kegiatan lainnya yang digelar di pantai," ungkapnya.

3. Sejumlah agenda budaya hingga festival layang-layang akan digelar di pantai selatan Bantul

Usai Libur 1 Suro, Kunjungan Turis ke Bantul Turun 31 PersenWisata Kano Hutan Mangrove. (IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh, Ipung mengatakan karena keterbatasan anggaran dari Dinas Pariwisata, belum banyak acara besar yang akan digelar di kawasan pantai selatan Bantul. Namun, sudah ada beberapa agenda yang dilakukan pihak swasta di kawasan tersebut.

Antara lain, festival layang-layang di Pantai Samas yang akan digelar pada akhir bulan Agustus ini. Ia berharap acara ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan, termasuk sedekah laut yang biasa digelar oleh masyarakat Pantai Depok saat bulan Suro.

"Adanya destinasi baru wisata di pantai selatan Bantul seperti Wisata Kano Hutan Mangrove di Baros, Tirtoharjo, Kretek, Bantul diharapkan juga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan," tandasnya.‎

Baca Juga: Gegara PMK, Wisata Keliling dengan Gerobak Sapi di Bantul Ditiadakan‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya