KPU Gunungkidul Andalkan Aplikasi Sikarep di TPS Blank Spot

TPS blank spot berada di Girisubo, Tepus dan Gedangsari

Gunungkidul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul bakal menggunakan aplikasi Sikarep untuk megantisipasi Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang tidak terjangkau jaringan internet atau disebut sebagai blank spot.

1. KPU Gunungkidul memakai Sikarep

KPU Gunungkidul Andalkan Aplikasi Sikarep di TPS Blank SpotIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan, beberapa TPS yang mengalami blank spot berada di wilayah Girisubo, Tepus dan Gedangsari. Pihaknya akan memaksimalkan aplikasi Sikarep di TPS yang tidak terjangkau internet. 

"Sikarep sudah ada online dan offline, sehingga Sikarep bisa mengambil gambar saat offline dan diunggah ketika berada ada di lokasi yang ada sinyalnya," kata KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti pada Kamis (14/12/2023).

2. Memastikan TPS yang tidak terjangkau internet

KPU Gunungkidul Andalkan Aplikasi Sikarep di TPS Blank SpotIlustrasi pemilihan umum.(IDN Times/Daruwaskita)

Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Diskominfo Gunungkidul untuk melihat kebenaran lokasi apakah benar-benar tidak terjangkau jaringan internet. "Kita lakukan pendataan ulang 177 titik TPS yang mengalami blank spot. Hasil koordinasi ada keraguan, dan kami masih memastikan," tuturnya.

Baca Juga: KPU DIY Temukan Beberapa TPS Tidak Terjangkau Jaringan Internet

3. Seluruh kantor kalurahan dan padukuhan telah terpasang internet

KPU Gunungkidul Andalkan Aplikasi Sikarep di TPS Blank Spotilustrasi internet (IDN Times/Nathan Manaloe)

Sementara Kepala Diskominfo Gunungkidul, Hartanto mengatakan, saat ini seluruh kantor kalurahan dan padukuhan sudah terpasang internet menggunakan fiber optik dengan jaringan yang stabil.

"Hasil uji sampel dari TPS yang mengalami blank spot ke kalurahan hanya 15 menit. Kendalanya karena lokasi TPS belum tentu di balai kalurahan," tuturnya. 

KPU DIY menyebut sebanyak TPS yang tidak terjangkau internet paling banyak ditemukan di Kabupaten Gunungkidul, yaitu sebanyak 60 titik saat pelaksanaan Pilkada 2020.
Tak hanya wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet, pendataan terakhir di kabupaten tersebut, petugas mencatat sebanyak 170 area dengan koneksi internat tidak lancar atau lemah. TPS yang berada di daerah pegunungan menjadi salah satunya  penyebab tidak terjangkau jaringan internet. 

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Gunungkidul Tertinggi Se-DIY, Capai Rp100 Ribu

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya