Kakek di Bantul Diserang Kawanan Lebah saat Garap Sawah

Korban dievakuasi dan dilarikan ke RS UII Pandak

Bantul, IDN Times - ‎Wagino (60), warga Padukuhan Manukan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, ditemukan pingsan di sungai usai disengat kawanan lebah (tawon) saat berada di bulak sawah Kunden pada Kamis (9/11/2023) sekitar pukul 09.00 WIB. Korban dilarikan ke Rumah Sakit UII Pandak untuk mendapatkan pertolongan medis.

1. Kronologi korban diserang kawanan lebah

Kakek di Bantul Diserang Kawanan Lebah saat Garap SawahEvakuasi korban disengat kawanan lebah hutan. (Dok. BPBD Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan korban sedang mengerjakan tanah saat kejadian tersebut. Ia tidak mengetahui di dalam tanah yang sedang dikerjakannya terdapat sarang lebah.

Ketika diserang kawanan lebah, korban berusaha lari ke sungai yang berada di sebelah barat sawah. Rekan korban, Miskidi, yang mengetahui korban disengat lebah, mencoba memberi pertolongan. Namun, ia ikut tersengat lebah hingga menjauh dari lokasi.

"Miskidi selanjutnya datang ke Polsek Pajangan untuk melaporkan kejadian tersebut dan beberapa saat kemudian petugas dari Polsek Pajangan dan BPBD Bantul datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban dalam kondisi pingsan di sungai akibat disengat lebah," ucapnya, Jumat (10/11/2023).

2. Korban dievakuasi ke RS UII

Kakek di Bantul Diserang Kawanan Lebah saat Garap SawahEvakuasi korban disengat kawanan lebah hutan. (Dok. BPBD Bantul)

Saat dievakuasi, kondisi korban cukup memprihatinkan. Korban pingsan karena kesakitan akibat bengkak di sekujur tubuh.

"Korban selanjutnya dilarikan ke RS UII Pandak dengan mobil ambulans Puskesmas Pajangan untuk mendapatkan perawatan medis," ucapnya.‎

Baca Juga: Terekam CCTV saat Curi Pakaian Dalam, Warga Kotagede Diciduk

3. Lebah yang menyerang merupakan jenis lebah hutan

Kakek di Bantul Diserang Kawanan Lebah saat Garap SawahEvakuasi korban disengat kawanan lebah hutan. (Dok. BPBD Bantul)

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto, membenarkan anggotanya telah mengevakuasi korban dalam kondisi pingsan akibat diserang lebah dalam jumlah banyak.

"Itu jenisnya lebah hutan, jadi kalau menyerang kawanan lebah ini secara bersama-sama sehingga banyak ditemukan bekas benjolan yang ditemukan di dalam tubuh korban," ucapnya.

Iwan mengaku, korban berusaha lari menuju sungai dengan harapan bisa berendam di air sungai. Namun, malang, sungainya dalam kondisi kering.

"Saat di sungai tersebut kawanan lebah hutan menyerang seluruh tubuh korban hingga menyebabkan korban pingsan," katanya.‎

Baca Juga: Dinkes Bantul Siapkan Rumah Sakit Rujukan Pasien Cacar Monyet

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya