Harga Cabai Merah Besar di Bantul Tembus Rp22 Ribu Per Kilogram

Harga sempat terpuruk Rp10 ribu per kilogram

Bantul, IDN Times - ‎Harga cabai merah besar jenis imperial naik hingga tembus Rp22 ribu per kilogram. Harga ini naik sebanyak Rp12 ribu sejak pekan lalu. 

1. Harga pernah menyentuh Rp23 ribu

Harga Cabai Merah Besar di Bantul Tembus Rp22 Ribu Per KilogramCabai merah besar jenis imperial.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu petani cabai lahan pasir di Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Mugari mengatakan harga mulai naik selama beberapa hari terakhir. Bahkan sempat menyentuh Rp23 ribu. 

"Harga jual cabai merah besar jenis imperial pada Rabu (27/9/2023) kemarin, tapi sempat turun menjadi Rp22 ribu per kilogram," ucapnya, Kamis (28/9/2023).

2. Panen cabai tak maksimal akibat anomali cuaca‎

Harga Cabai Merah Besar di Bantul Tembus Rp22 Ribu Per KilogramBuah cabai diserang lalat buah.(IDN Times/Daruwaskita)

Meski harga terbilang tinggi, namun panen kali ini tidak bisa maksimal. Tanaman cabai mengalami penyakit bule, ditambah anomali cuaca berpengaruh pada tingkat kesuburan tanaman. 

"Sebenarnya kalau kena penyakit bule tetap saja panen bisa maksimal, namun karena ada cuaca yang lembap menyebabkan tanaman cabai tidak bisa tumbuh maksimal," ucapnya.

Baca Juga: Kabut Tebal, Nelayan Pantai Samas Bantul Gagal Melaut

3. Lelang cabai bisa mendongkrak harga

Harga Cabai Merah Besar di Bantul Tembus Rp22 Ribu Per KilogramPetani panen cabai lahan pasir.(IDN Times/Daruwaskita)

Petani cabai merah besar jenis imperial lahan pasir lainnya, Sancoko mengatakan lelang cabai besar jenis imperial di Padukuhan Karanganyar pada hari Senin (25/9/2023), mencapai Rp24 ribu perkilogram. Namun di saat tidak ada lelang harga turun hingga Rp2 ribu per kilogram.

"Kalau ada lelang akan meningkatkan harga jual, sebab pedagang tidak bisa sesukanya memberikan harga kepada petani. Siapa yang berani melelang dengan harga paling tinggi dengan sistem tertutup maka pedagang lain yang kalah akan mengikutinya. Jadi petani diuntungkan," imbuhnya.‎

Baca Juga: 2 Hektare Lahan di Pundong Bantul Terbakar

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya