Comscore Tracker

Ombak Laut hingga 6 Meter, Tim SAR Parangtritis Ingatkan Wisatawan 

Gelombang tinggi bertepatan dengan liburan sekolah

Bantul, IDN Times - ‎Tim SAR Satlinmas Wilayah 3 Kabupaten Bantul mengingatkan wisatawan adanya potensi gelombang pasang hingga 6 meter dalam beberapa hari ini. SAR mengingatkan gelombang yang terjadi masuk dalam kategori sangat berbahaya. 

Berdasarkan keterangan dari BMKG, gelombang pasang terjadi karena memasuki musim angin timuran yang berdampak adanya gelombang pasang yang disebabkan kencgnya angin yang bertiup di laut selatan Yogyakarta. 

 

 

 

1. Gelombang pasang terjadi akibat musim angin timuran‎

Ombak Laut hingga 6 Meter, Tim SAR Parangtritis Ingatkan Wisatawan Gelombang pasang di pantai selatan Bantul.(daruwaskita)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 3, Kabupaten Bantul, M. Arief Nugraha mengatakan di akhir pekan ini hingga pertengahan bulan Juli 2022 merupakan masa liburan sekolah, sehingga pantai di kawasan selatan Bantul ramai dikunjungi wisatawan. 

"Sangat penting para wisatawan diberi peringatan agar tidak main atau bahkan mandi di pantai. Wisatawan ini tidak hafal dengan karakter gelombang di pantai selatan Bantul yang terdapat palung yang mematikan," ujarnya Arief saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (25/6/2022).

2. Pasang rambu-rambu peringatan di pantai yang terdapat palung‎

Ombak Laut hingga 6 Meter, Tim SAR Parangtritis Ingatkan Wisatawan Gelombang pasang di pantai selatan Bantul.(daruwaskita)

Tim SAR telah memasang rambu larangan mandi di laut terutama pada daerah yang terdapat palungnya. Namun menurut Arief,  terkadang peringatan itu tidak dihiraukan oleh wisatawan. 

Biasanya terjadinya air laut pasang akan terjadi dini hari menjelang pagi sekitar pukul 06.00 WIB, dan akan surut pukul 15.00 WIB, dan terjadi lagi hingga malam hari.

"Rombongan wisatawan khususnya pelajar saat tiba di pantai saat pagi hari dan ini sangat berbahaya jika nekat mandi di laut. Demikian sore hari akan terjadi lonjakan wisatawan bersamaan dengan gelombang pasang terjadi," tuturnya.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Ombak di Laut DIY Mencapai 6 Meter

3. Nelayan akan turun melaut saat gelombang surut‎

Ombak Laut hingga 6 Meter, Tim SAR Parangtritis Ingatkan Wisatawan Nelayan di Pantai Baru Bantul.(daruwaskita)

Sementara salah seorang nelayan di Pantai Depok, Hendri Triyono mengatakan meski ada prediksi gelombang pasang dari BMKG, para nelayan tetap melaut saat gelombang mulai surut. 

"Saat ini nelayan yang turun melaut hanya akan melihat hasil tangkapan jaring kendengan. Jika ada hasil maka tangkapan ikan akan dibawa ke pulang. Namun jika tidak ada tangkapan ikan, jaring kembali dikendengkan dan dilihat hasilnya hari berikutnya,"ujarnya.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya