Comscore Tracker

DPD PAN Bantul Usung Sri Sultan Jadi Capres 2024

PAN tetapkan 5 kriteria untuk diusung jadi capres 2024

Bantul, IDN Times - ‎Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bantul mengusulkan 10 nama calon presiden kepada DPP PAN. Nama tersebut diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang terdiri dari PAN, PPP dan Golkar dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

1. Lebih demokratis usulan capres dari bawah‎

DPD PAN Bantul Usung Sri Sultan Jadi Capres 2024Rakerda DPD PAN Bantul.(Daruwaskita)

Ketua DPD PAN, Wildan Nafis mengatakan proses atau sistem pengajuan capres dari PAN berbeda dengan kepengurusan sebelumnya yaitu capres ditentukan oleh DPP. Saat ini pengurus dari tingkat bawah justru didorong untuk mengusulkan nama capres.

"Jadi saat ini aspirasi dari bawah justru yang diinginkan oleh DPP PAN, untuk itu digelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2 DPD PAN Bantu untuk mengusulkan 10 nama capres yang nantinya akan dikirim ke tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY," katanya disela-sela Rakder 2 DPD PAN Bantul pada Minggu (19/6/2022).

2. Sosok Sri Sultan HB X layak menjadi capres‎

DPD PAN Bantul Usung Sri Sultan Jadi Capres 2024Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menurut Ketua Komisi B, DPRD Bantul ini setelah mendapatkan 10 nama capres dalam Rakerda 2 selanjutnya akan dikirim ke DPW PAN DIY untuk disaring menjadi 6 nama.

"Dari beberapa nama yang berkembang di kepengurusan PAN tingkat bawah muncul nama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erik Thohir dan Sri Sultan HB X yang juga Gubernur DIY," ungkapnya.

Politisi asal Kapanewon Banguntapan mengungkapkan sejumlah nama yang akan diusulkan ke DPP PAN harus memenuhi minimal lima kriteria atau syarat, di antaranya nasionalis religius, mempunyai rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak kepada kelanjutan inovasi dan berkolaborasi dan yang terakhir adalah berwawasan nusantara dan berperspektif global.

"Nah sosok Gubernur DIY ini juga memenuhi kriteria tersebut dan apalagi kita sangat sepakat mengusulkan nama Sri Sultan sebagai salah satu capres dari PAN," tandasnya.

"Sri Sultan itu sosok yang sudah terbukti kepemimpinannya, iso njawani, kalem dan tidak mudah emosional. Kita butuh sosok pemimpin seperti itu karena Indonesia itu sangat majemuk. Saat memimpin Jogja sampai hari ini masyarakatnya adem ayem," imbuhnya.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sarapan dekat Malioboro, Gudeg, Soto sampai Jenang

Baca Juga: Tanah Sultan Ground Diperjualbelikan, Sri Sultan Beberkan Modusnya 

3. Siapkan ribuan saksi di TPS dan mulai jaring calon legislatif‎

DPD PAN Bantul Usung Sri Sultan Jadi Capres 2024Rakerda DPD PAN Bantul ke-2.(Daruwaskita)

Menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024, DPD PAN Bantul sudah membentuk lebih dari 3 ribu saksi yang akan bertugas di TPS. Selain itu, PAN juga melakukan penjaringan calon legislatif yang akan berlaga dalam Pilleg 20024.

"Kami menargetkan minimal mendapatkan satu kursi di setiap daerah pemilihan di Bantul atau minimal 6 kursi di DPRD Bantul," tandasnya.‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya