Aliran Sungai Code di Bantul Kotor Karena Banyak Sampah

Sampah diduga kiriman dari wilayah Kota Yogyakarta 

Bantul, IDN Times - ‎Tindakan membuang sampah ke sungai telah mengakibatkan sejumlah aliran sungai di Kabupaten Bantul tercemari oleh sampah yang dihasilkan masyarakat.

Sungai Code, yang mengalir di sisi selatan Ring Road Selatan Bantul, termasuk yang kondisinya kotor karena banyak sampah. Di belakang warung sate kambing Edi Wojo, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, terlihat banyak tumpukan sampah yang tersangkut di aliran sungai.

1. Sampah di Sungai Code semakin banyak usai penutupan TPA Piyungan

Aliran Sungai Code di Bantul Kotor Karena Banyak SampahAliran sungai Code kotor akibat sampah.(IDN Times/Daruwaskita)

Nanang (34), seorang warga Kalurahan Tamanan, menceritakan bahwa banyaknya sampah di sungai Code sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Terutama sejak darurat sampah di Yogyakarta akibat penutupan sementara Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan.

"Ketika TPA Piyungan tutup sementara banyak sampah di sungai. Ya sekitar tiga bulan yang lalu," ucapnya, Jumat (13/10/2023).

2. Belum sempat menimbulkan bau

Aliran Sungai Code di Bantul Kotor Karena Banyak SampahAliran sungai Code kotor akibat sampah.(IDN Times/Daruwaskita)

Meskipun belum ada keluhan terkait bau busuk, keberadaan sampah ini telah mengganggu estetika sungai dan membuatnya terlihat kotor.

"Kalau bau tidak, tapi sungai terlihat kotor," terangnya.

Sampah yang mengendap di sungai Code diduga berasal bukan hanya dari warga Bantul, tetapi juga banyak yang dibuang oleh penduduk Kota Yogyakarta. Pasalnya, warga Bantul masih memiliki opsi lain untuk membuang sampah.

"Ya kemungkinan sampah ini dari warga di Kota Jogja karena lahan sempit dan tak punya lahan untuk membuang sampah," ungkapnya.

Baca Juga: Potret Tumpukan Sampah Menggunung Setinggi 3 Meter di Depo Kotabaru

3. Masyarakat diminta tak buang sampah di sungai

Aliran Sungai Code di Bantul Kotor Karena Banyak SampahKepala DLH Bantul, Ari Budi Nugraha.(Daruwaskita)

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugroho, mengaku kesulitan dalam membersihkan sampah dari sungai. Dia berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai.

"Ini kan dampak dari pembatasan pembuangan sampah ke TPA Piyungan sehingga memicu munculnya sampah di sungai," ujarnya.

Ari juga menyampaikan bahwa pihaknya secara aktif melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, sampah non-organik masih dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi, sementara sampah organik dapat diolah menjadi kompos.

"Jadi kami mohon jangan buang sampah di sungai. Kami berharap masyarakat secara bersama-sama menangani masalah sampah," ungkapnya.‎

Baca Juga: Seniman Jogja Ciptakan Karya Seni dari Tumpukan Sampah 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya