Comscore Tracker

5 Ribu Jemaat Misa Prosesi Agung Gereja Ganjuran Bantul

Arak-arakan gunungan semarakkan misa prosesi agung‎

Bantul, IDN Times - ‎Ribuan umat katolik di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran mengikuti misa prosesi agung yang digelar setiap minggu terakhir di bulan Juni.

1. Misa prosesi agung sempat 2 tahun absen akibat pandemik‎

5 Ribu Jemaat Misa Prosesi Agung Gereja Ganjuran BantulMisa prosesi agung Gereja HKTY Ganjuran.(IDN Times/Daru)

Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran, Ari Setiawan mengatakan misa prosesi agung tahun ini terbilang sangat istimewa setelah dua tahun lamanya absen akibat pandemik.

"Prosesi agung tahun 2022 ini juga sebagai peringatan hari jadi Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran yang ke 97 tahun," katanya ditemui di Gereja HKTY Ganjuran, Bantul, Minggu (26/6/2022).

 

2. Arak-arakan gunungan semarakkan misa prosesi agung‎

5 Ribu Jemaat Misa Prosesi Agung Gereja Ganjuran BantulGunungan persembahan umat Gereja HKTY Ganjuran.(Daruwaskita)

Ari menjelaskan dalam prosesi agung yang dilaksanakan di altar Candi Tyas Dalem Ganjuran, terdapat beberapa acara yang cukup menarik. Acara yang diadakan di antaranya arak-arakan gunungan berupa hasil bumi persembahan dari umat di Gereja HKTY Ganjuran hingga percikan air perwitasari kepada umat yang mengikuti misa proses agung di Gereja HKTY Ganjuran.

"Kami sangat bersyukur tahun ini misa prosesi agung kembali digelar dan ribuan umat bisa hadir namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker," ujarnya.

Baca Juga: Ombak Laut hingga 6 Meter, Tim SAR Parangtritis Ingatkan Wisatawan 

3. Pemkab Bantul dukung misa prosesi agung di Gereja HKTY Ganjuran‎

5 Ribu Jemaat Misa Prosesi Agung Gereja Ganjuran BantulWaki Bupati Bantul, Joko Purnomo (tengah).(IDN Times/Daru)

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut hadir dalam misa prosesi agung di Gereja HKTY Ganjuran mengatakan pemerintah Kabupaten Bantul merasa terharu, hormat dan bangga dengan kegiatan misa prosesi agung sebagai rasa syukur atas berkat yang diberikan Tuhan kepada umat gereja.

"Nah ini tentunya ini menjadi hal yang positif bagi Pemkab Bantul karena momentum ini juga bisa memberikan kontribusi kepada Bantul terutama kehadiran umat lebih dari 5 ribu dan mereka bisa menikmati dan jalan-jalan di Bantul. Tentu Pemkab Bantul akan mendukung kegiatan misa proses agung apalagi kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya,"katanya.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya