180 Ribu Wisatawan Diprediksi Piknik ke Gunungkidul saat Nataru

Objek wisata pantai masih jadi tempat favorit

Gunungkidul, IDN Times - Kabupaten Gunungkidul diprediksi akan menjadi salah satu pusat tujuan wisata di Yogyakarta saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Bupati Gunungkidul Sunaryanta memprediksi sebanyak 180 ribu wisatawan akan berkunjung ke berbagai objek wisata di Bumi Handayani saat libur Nataru.

"Melihat lonjakan wisatawan perlu koordinasi yang baik dengan stake holder lain," katanya dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat Handayani, Setda Gunungkidul, Senin (18/12/2023).

1. Pelaku wisata diminta jadi pelayan yang baik bagi wisatawan

180 Ribu Wisatawan Diprediksi Piknik ke Gunungkidul saat NataruBupati Gunungkidul, Sunaryanta.(Dok.Diskominfo Gunungkidul))

Bupati mengatakan, wisata pantai masih menjadi favorit kunjungan wisatawan, sehingga perlu persiapan ekstra. Di antaranya kemacetan, akses jalan yang sempit dan pengelola wisata.

"Ada beberapa spot jalan sempit sehingga perlu rekayasa jalur. Harapannya tidak crawded yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan," terangnya.

Ia menginginkan pelaku wisata untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan. Bupati meminta pelaku wisata menjadi pelayan yang baik, sehingga tidak ada pemberitaan yang negatif dan berdampak pada wisata Gunungkidul.

"Hal sekecil apapun tolong diperhatikan, jangan sampai viral. Berita negatif sampai kemana mana. Jadilah pelayan wisatawan yang baik," paparnya.

2. Minta Polres Gunungkidul petakan jalur masuk keluar wisatawan

180 Ribu Wisatawan Diprediksi Piknik ke Gunungkidul saat NataruIlustrasi TNI-Polri.(IDN Times/Daruwaskita)

Dalam rapat koordinasi , Sunaryanta meminta Polres Gunungkidul melakukan pemetaan arus lalu lintas masuk dan keluar bagi wisatawan, dan pengamanan jalur jalur baru wisatawan ke Gunungkidul. "Nanti harapannya bisa bekerja sama dengan karang taruna, masyarakat desa pengelola wisata," kata Bupati.

Baca Juga: Proyek Raffi Ahmad di Pantai Krakal, Ini Kata Bupati Gunungkidul

3. Ratusan personel Polres Gunungkidul siap diturunkan amankan libur Nataru

180 Ribu Wisatawan Diprediksi Piknik ke Gunungkidul saat NataruKapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, butuh kesiapan ekstra untuk mengadapi Natal dan Tahun Baru 2024, karena bertepatan dengan tahun politik pemilihan presiden dan legislatif.

"Sehingga perlu dilakukan koordinasi yang baik antar intsansi dan elemen masyrakat," paparnnya.

Edy Bagus Sumantri menambahkan, Gunungkidul menjadi salah satu tujuan terbesar perjalanan yang setiap tahunya mengalami lonjakan mobilitas penduduknya. Sehingga perlu kesiapan publik untuk memberikan rasa nyaman.

"Tidak hanya wisata, Gunungkidul juga menjadi tujuan kuliner dan budaya," paparnya

Polres Gunungkidul kata Edy, akan melihatkan 238 personel dalam pengamanan Natal dan Tahun baru. Polres juga menyiapkan 5 pos pengamanan di lima lokasi diantarahya obyek vital dan destinasi wisata

"Lonjakan terbanyak perjalanan masuk Gunungkidul kita prediksi mulai 29 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024," paparnya

Baca Juga: 7 Potret Raffi Ahmad di Gunungkidul, akan Bangun Beach Club dan Vila

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya