Wayang Jogja Night Carnival Bakal Digelar 7 Oktober, Yuk Nonton!

Ada festival batik hingga Malioboro Coffee Night

Yogyakarta, IDN Times - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) sebagai puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Yogyakarta, akan digelar 7 Oktober 2023 mendatang.

WJNC yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengambil tema Pandawa Mahabisekha, yaitu mengambil filosofi dari cerita Mahabarata yang diciptakan di era Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Gelaran tahun ini dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya, masyarakat maupun wisatawan yang hadir akan disediakan tempat duduk sebanyak 200 kursi dan bisa bertambah, agar dapat menikmati pertunjukan dengan nyaman dengan membeli tiket yang dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY).

1. Dua titik start dan display

Wayang Jogja Night Carnival Bakal Digelar 7 Oktober, Yuk Nonton!Wayang Jogja Night Carnival 2022. (Dok. Istimewa)

Kemeriahan WJNC #8 akan dilaksanakan di Kawasan Tugu Yogyakarta mulai pukul 18.00 WIB dan ditayangkan secara live streaming melalui channel YouTube Pemkot Jogja & Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Sebanyak dua titik start diadakan untuk gelaran event budaya tahunan ini, yaitu mulai dari Jalan Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman. Selain itu, titik display karnaval juga akan dibagi menjadi dua yaitu di area Tugu Jogja dan Jalan Margo Utomo. 

“Event ini diharapkan mampu menambah lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta. Untuk itu, kami mengajak seluruh warga di Kota Yogyakarta menggunakan batik khas motif Jogja untuk ikut memeriahkan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta,” ujar Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat sambutan pada jumpa pers di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Rabu (27/9/2023).

2. Kembangkan potensi setelah penetapan Sumbu Filosofi

Wayang Jogja Night Carnival Bakal Digelar 7 Oktober, Yuk Nonton!Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (Dok. Istimewa)

Singgih Raharjo berharap kegiatan ini menjadi kebanggaan warga Kota Yogyakarta bertepatan dengan penetapan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai world heritage atau warisan dunia oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO). 

“Semoga dengan  Tatag Teteg Tutug Kota Yogyakarta dapat melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada agar terealisasi lebih baik lagi,” ungkap Singgih.

Baca Juga: Dispar DI Yogyakarta Siapkan Paket Wisata di Kawasan Sumbu Filosofi  

3. Ini berbagai rangkaian WJNC

Wayang Jogja Night Carnival Bakal Digelar 7 Oktober, Yuk Nonton!Jumpa pers Wayang Jogja Night Carnival 2023. (Dok. Istimewa)

Singgih juga mengajak masyarakat untuk mengikuti rangkaian HUT Ke-267 Kota Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada 1-7 Oktober 2023, di antaranya Yogowes dan Wiwitan yang berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2023. Festival Batik yang berlangsung pada 2 Oktober 2023, Karnaval Budaya Pelajar yang diikuti oleh seluruh pelajar di Kota Yogyakarta pada 2-5 Oktober 2023.

Selain itu, pertunjukan Sekar Rinonce rangkaian pentas seni budaya yang akan berlangsung pada 3 Oktober 2023 di Teras Malioboro dan Kolaborasi Wayang ‘Sawega’ pada 4 Oktober 2023. Berikutnya diadakan Sekati Ing Mall pada 5 Oktober 2023. Pada tanggal 6 Oktober 2023 diselenggarakan acara Festival Angkringan di Pasar Ngasem dan Malioboro Coffee Night yang bertempat di Kotabaru dan Loco Cafe, sekaligus disediakan kopi gratis.

“Saya berharap rangkaian ini berjalan dengan lancar. Selain itu, saya sangat mengapresiasi inisiatif di setiap wilayah untuk ikut memeriahkan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta. Semoga ini menjadi acara tahunan yang selalu ditunggu oleh masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta,” ujar Singgih.

Baca Juga: 6 Warung Bakmi Jawa dekat Malioboro, Legendaris!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya