Tumpukan Sampah di Depo Sampah Kotabaru Diperkirakan Mencapai 60 Ton

Tumpukan sampah sudah menimbulkan bau

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta memperkirakan tumpukan sampah yang ada di Depo Sampah Kotabaru, Jalan Merbabu, Kotabaru, Yogyakarta, mencapai sekitar 60 ton.

"Kalau yang di sini sekitaran 60 ton," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Ahmad Haryoko, Senin (9/10/2023). 

1. Pembersihan belum bisa seluruhnya dilakukan

Tumpukan Sampah di Depo Sampah Kotabaru Diperkirakan Mencapai 60 TonPetugas DLH Kota Yogyakarta mulai membersihkan Depo Sampah Kotabaru, Senin (9/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Haryoko menyebut truk yang dikerahkan hari ini untuk mengangkut sampah di Depo Kotabaru belum bisa mengangkut selurunya. Setidaknya membutuhkan 13 truk sampah, sementara truk yang bisa mengangkut hari ini hanya tujuh truk.

"Kayaknya belum bisa 100 persen, karena kondisinya memang sudah banyak. Tapi ini sebenarnya bukan tidak kita lakukan eksekusi atau upaya, tapi memang ini akumulasi," ujar Haryoko.

2. Dipindah ke depo yang masih memungkinkan

Tumpukan Sampah di Depo Sampah Kotabaru Diperkirakan Mencapai 60 TonPetugas DLH Kota Yogyakarta mulai membersihkan Depo Sampah Kotabaru, Senin (9/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Haryoko menjelaskan sampah yang diambil dari Kotabaru akan dikirim ke depo yang masih memungkinkan untuk menaruh sampah sementara waktu. 

"Jadi jatah di sini per hari itu 3 - 4 rit (truk). Setiap hari bisa naik satu rit atau satu truk saja. Jadi yang tiga rit ini tetap tertinggal di sini, ditambah TPA Piyungan setiap tiga hari buka, satu hari tutup. Otomatis kan tambah lagi ya, ini merupakan akumulasi seperti itu. Jadi mau tidak mau ya kondisinya tidak bisa tertahan dengan baik," jelas Haryoko.

Baca Juga: Potret Tumpukan Sampah Menggunung Setinggi 3 Meter di Depo Kotabaru

3. Tumpukan sampah sudah menimbulkan bau

Tumpukan Sampah di Depo Sampah Kotabaru Diperkirakan Mencapai 60 TonTumpukan sampah di Depo Sampah Kotabaru, Jalan Merbabu, Kotabaru, Yogyakarta, Senin (9/10/2023) pagi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Salah satu pedagang bunga di sekitar lokasi Depo Kotabaru, Wahyu menyebut sampah yang ada di Depo tersebut menumpuk cukup lama, dan menimbulkan bau tidak sedap.

"Ulat segala macam juga sudah ada," kata Wahyu.

Wahyu mengungkapkan tumpukan sampah cukup mengganggu bisnisnya. Pembeli yang datang disebutnya merasa terganggu akibat bau menyengat. "Kita sapu terus juga, karena orang mau beli kan takut ulat dan lalat. Baunya juga luar biasa," ujar Wahyu.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Mulai Bersihkan Sampah yang Menggunung di Kotabaru

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya