Tol Solo-Jogja Dibuka saat Mudik, Jalan Prambanan Jadi Perhatian

Diperkirakan 45 persen kendaraan masuk DIY lewat Prambanan

Sleman, IDN Times - Jalan Prambanan bakal menjadi pintu utama pemudik saat libur Lebaran tahun ini. Salah satu alasannya karena pembukaan ruas jalan tol Solo-Yogyakarta saat mudik Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arif Pramana, mengungkapkan dari jumlah pemudik yang diperkirakan mencapai 5,9 juta akan didominasi dari Prambanan. "Sekitar 40–45 persen kendaraan yang masuk ke DIY lewat Prambanan. Sisanya lewat Jalan Magelang dan Jalan Wates," ujar Arif, Jumat (14/4/2023).

1. Prambanan jadi pintu utama pemudik

Tol Solo-Jogja Dibuka saat Mudik, Jalan Prambanan Jadi PerhatianIlustrasi petugas gabungan memeriksa kendaraan yang melintas di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Anak usaha PT Jasa Marga (Persero), PT Jogjasolo Marga Makmur, berencana lakukan uji coba Tol Solo-Yogyakarta seksi 1.1 secara fungsional pada momen mudik lebaran tahun ini

Arif mengungkapkan uji coba Tol Solo-Jogja akan membuat waktu tempuh pemudik lebih efisien. "Dengan uji coba Tol Solo-Jogja ini, pintu timur masuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau wilayah Prambanan menjadi perhatian," ujar Arif. 

2. Jalur alternatif dan puncak arus mudik

Tol Solo-Jogja Dibuka saat Mudik, Jalan Prambanan Jadi Perhatianilustrasi macet (unsplash.com/ Nabeel Syed)

Diketahui terdapat sejumlah jalur alternatif untuk wilayah Sleman di antaranya ruas Tempel–Pakem–Cangkringan–Kalasan. Lalu, ruas Klangon–Godean–Tempel. Selanjutnya, ruas Mlati–Balangan–Dekso. Lalu ruas Denggung–Besi–Koroulon–Joholanang. 

Pemudik bisa juga memanfaatkan ruas Prambanan–Piyungan untuk menuju Bantul atau Kota Jogja. Kemudian ruas Jogja–Godean–Nanggulan menuju Kulon Progo. "Untuk puncak mudik prediksi 19–20 April 2023. Kami mengimbau untuk pemudik tetap berhati-hati di jalan. Jangan menyerobot antrean," ujar dia.

Baca Juga: Sambut Mudik, Dishub Ungkap Titik Rawan Kecelakaan di Sleman

Baca Juga: Lebaran Saatnya Melepas Rindu, Macet di Jalan Tak Jadi Masalah  

3. Uji coba manajemen lalu lintas

Tol Solo-Jogja Dibuka saat Mudik, Jalan Prambanan Jadi PerhatianIlustrasi kemacetan (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Kasatlantas Polresta Sleman, AKP Gunawan Setiyabudi, mengatakan jalan di Prambanan akan menjadi perhatian khusus dengan uji coba Tol Solo–Jogja. Menurutnya dengan uji coba ini akan memangkas waktu sekitar 30 menit.

"Sekitar 30 menit lebih cepat ke arah Prambanan. Jadi nanti kami akan coba manajemen lalu lintas. Nantinya masih akan ditinjau ulang, dan diberlakukan situasional," ujar Gunawan.

Baca Juga: 5,9 Juta Pemudik Datang ke Jogja, Ini Jalur Alternatif di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya